Share

PSSI Konfirmasi Shin Tae-yong Pulang ke Indonesia Bulan Ini, Fokus ke Timnas Indonesia Senior atau U-19?

Andri Bagus Syaeful , Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 06:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 51 2641685 pssi-konfirmasi-shin-tae-yong-pulang-ke-indonesia-bulan-ini-fokus-ke-timnas-indonesia-senior-atau-u-19-nVGHqfcaKf.jpg Shin Tae-yong segera pulang ke Indonesia bulan ini. (Foto: ANTARA/Michael Siahaan)

KETUA Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan Shin Tae-yong akan pulang ke Indonesia pada pertengahan bulan ini, yakni Agustus 2022. Sekarang yang jadi pertanyaan, setibanya di Indonesia, Shin Tae-yong fokus menangani Timnas Indonesia yang mana, senior atau junior?

Sebelumnya, Shin Tae-yong sudah dua pekan lebih meninggalkan Indonesia untuk menghabiskan sisa cuti. Saat ini Shin Tae-yong sedang berada di negaranya, Korea Selatan.

Shin Tae-yong

Mochamad Iriawan memastikan pertengahan Agustus Shin Tae-yong sudah berada di Indonesia. Namun, ia tidak memberitahukan secara detail tanggalnya.

"Shin Tae-yong akan datang pertengahan bulan ini. Jadi, nanti dia bisa langsung jalan dengan program yang ada," ucap Mochamad Iriawan dalam konferensi pers virtual yang juga dihadiri Tim MNC Portal Indonesia.

Ia mengatakan Shin Tae-yong akan difokuskan melatih Timnas Indonesia U-19. Hal itu untuk menyiapkan tim berjuluk Garuda Nusantara menyambut Piala Dunia U-20 2023, plus Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

"Kami sudah ada programnya untuk bisa latihan Timnas Indonesia U-19. Persiapan World Cup U-20 nanti mereka juga akan latihan di luar (negeri)," ucap Mochamad Iriawan.

Mochamad Iriawan mengatakan pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 di luar negeri memang terus dimatangkan oleh PSSI. Hal itu agar Marselino Ferdinan dan kawan-kawan siap untuk berlaga di Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung di Tanah Air pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Shin Tae-yong

"(Sudah) ada beberapa negara yang menjadi pertimbangan, yakni Spanyol, Turki, dan Belanda (untuk TC Timnas Indonesia). Nantinya, di luar negeri kami harus menghadapi lawan-lawan kuat," tegas pria yang biasa disapa Iwan Bule ini.

Membaca ucapan Mochamad Iriawan di atas, fokus Shin Tae-yong sepertinya lebih mengarah ke Timnas Indonesia U-19 ketimbang senior. Sekadar diketahui, ada dua agenda yang dijalani skuad U-19 dan senior bulan depan.

Pada 14-18 September 2022, Timnas Indonesia U-19 akan tampil di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang diselenggarakan di Tanah Air. Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup F bersama Vietnam, Hong Kong dan Timor Leste.

Sementara itu pada 19-27 September 2022, Timnas Indonesia senior turun di FIFA Matchday. Curacao, India dan Hong Kong merupakan lawan yang coba dihadapi skuad Garuda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini