Share

PSSI Cuma Minta 15 Hektar, Jokowi Siapkan 30-50 Hektar Tanah untuk Bangun Training Center di IKN

Cikal Bintang, MNC Portal · Rabu 03 Agustus 2022 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 03 51 2641422 pssi-cuma-minta-15-hektar-jokowi-siapkan-30-50-hektar-tanah-untuk-bangun-training-center-di-ikn-ohhR0RjdtL.jpg Mochamad Iriawan menyebut Presiden Joko Widodo menyiapkan 30-50 hektar untuk training center PSSI. (Foto: Ilham Sigit/MPI)

KETUA umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengungkapkan Presiden Joko Widodo menyiapkan 30-50 hektar untuk training center sepak bola Indonesia di Ibu Kota Negara (IKN). Padahal, PSSI disebut hanya meminta 15 hektar.

Pada Rabu (3/8/2022) pagi WIB, Iwan Bule –sapaan Mochamad Iriawan- dipanggil ke Istana Merdeka oleh Presiden Jokowi untuk membahas sepak bola Tanah Air. Ia datang ditemani Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali.

Mochamad Iriawan

Dalam kesempatan tersebut Iwan Bule menceritakan bahwa orang nomor satu di Indonesia itu menanyakan rencana PSSI yang ingin membangun training center. Sejak lama, tempat pemusatan latihan dibutuhkan untuk pembinaan sepak bola Timnas Indonesia di semua kelompok umur berjalan lebih baik.

Lalu, Jokowi menyatakan niatnya bahwa pemerintah bakal menyiapkan lahan di IKN untuk keperluan tersebut.

“Beliau (Jokowi) menanyakan ‘bagaimana Pak Iwan apakah rencana pembuatan training center itu sudah ada tempatnya? Kalau mau nanti saya siapkan tanah di IKN sekaligus dengan pembangunannya’,” kata Iriawan dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Kemudian, Iwan Bule menjelaskan pada Jokowi, PSSI membutuhkan tanah sekira 15 hektar untuk mendirikan fasilitas training center tersebut. Akan tetapi, ternyata Presiden Jokowi mengatakan pemerintah bersedia untuk menyiapkan lahan sebesar 30 sampai 50 hektar.

Mochamad Iriawan

“Lalu beliau bertanya lagi ‘berapa tanah yang kira-kira dibutuhkan?’ Saya bilang 15 hektar cukup pak. Kemudian beliau bilang pemerintah sanggup menyiapkan tanah sekitar 30 sampai 50 hektar,” ujar Iwan Bule.

Tentu saja, kabar tersebut menjadi angin segar bagi para pecinta sepak bola Tanah Air. Pasalnya, selama ini Timnas Indonesia tidak memiliki lapangan khusus untuk melakukan pemusatan latihan dalam mempersiapkan turnamen-turnamen yang mereka ikuti.

Selain itu, pembangunan training center tersebut juga bakal bermanfaat untuk pembinaan para pemain muda yang terdiri dari berbagai kelompok umur. Diharapkan, bakat-bakat mereka bisa terasah dengan maksimal dengan tersedianya training center yang memiliki fasilitas lengkap di IKN tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini