Share

Timnas Indonesia Lolos ke Babak Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Ini Syaratnya!

Ramdani Bur, Okezone · Selasa 02 Agustus 2022 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 51 2640422 timnas-indonesia-lolos-ke-babak-kedua-kualifikasi-piala-dunia-2026-zona-asia-ini-syaratnya-nd5Pi3xjp2.jpg Timnas Indonesia bisa langsung tampil di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia jika menempati peringkat 25 Asia. (Foto: PSSI)

SYARAT Timnas Indonesia lolos ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan dibahas dalam artikel ini. Asia memiliki jatah 8 tiket lolos otomatis ke Piala Dunia 2026, dan 1 kemungkinan lolos melalui jalur playoff antarkonfederasi.

Bertambahnya jatah lolos dari Asia karena kontestan Piala Dunia 2026 meningkat 16 tim, dari yang awalnya 32 menjadi 48 peserta. Karena itu, Timnas Indonesia memiliki peluang untuk ambil bagian di Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia

Lantas, kapan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dilangsungkan? Babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dilangsungkan pada Oktober 2023.

Di babak pertama ini, tim-tim yang tampil merupakan tim yang menempati peringkat 26 sampai 47 Asia. Mereka bertemu dalam sistem gugur menggunakan format home and away. Tim yang memenangkan laga alias unggul secara agregat, bakal lolos ke babak kedua.

Jika merujuk kondisi saat ini, Timnas Indonesia bakal tampil sejak babak pertama. Sebab, menduduki peringkat 155 dunia, Timnas Indonesia menempati peringkat 30 Asia. Berdasarkan peringkat FIFA saat ini, hanya Vietnam, Thailand dan Filipina, tim asal Asia Tenggara yang tak perlu tampil di babak pertama.

Namun, berhubung kualifikasi masih digelar Oktober 2023, masih ada kesempatan bagi Timnas Indonesia untuk memperbaiki posisi di ranking FIFA. Tentunya dengan mendapatkan hasil positif di serangkaian laga yang mereka jalani.

Selain memanfaatkan FIFA Matchday dan Piala AFF 2022, Timnas Indonesia wajib memanfaatkan betul Piala Asia 2023 yang digelar medio Juni 2023. Jika berdasarkan ranking FIFA Juni 2022, posisi 25 Asia ditempati Hong Kong.

Timnas Hong Kong

(Berdasarkan ranking FIFA Juni 2022, Timnas Hong Kong tempati peringkat 25 Asia)

Hong Kong saat ini menempati peringkat 145 dunia, alias unggul 10 anak tangga dari Timnas Indonesia. Namun, jika merujuk perhitungan di laman Football-ranking.com, Hong Kong turun ke peringkat 26 Asia.

Penyebabnya karena hasil buruk yang Hong Kong alami di EAFF Football Championship 2022. Saat itu dalam tiga laga, Hong Kong selalu kalah. Alhasil, menurut perhitungan laman Football-ranking.com, Hong Kong kini menempati peringkat 26 Asia.

Jika menempati peringkat 26, otomatis Hong Kong harus melakoni kualifikasi sejak babak pertama. Karena itu, sekarang harapannya Timnas Indonesia bisa terus memperbaiki ranking FIFA.

Timnas Indonesia

Andai menembus 25 besar Asia pada 2023, Timnas Indonesia baru turun di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang dilangsungkan medio November 2023. Babak kedua diikuti tim peringkat 1-25 Asia, plus 11 tim yang lolos dari babak pertama.

Hal itu berarti, total ada 36 tim yang ambil bagian di babak ini. Nantinya, 36 tim itu dibagi ke dalam sembilan grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan empat tim. Menggunakan format round robbin, mereka bakal tampil kandang danย  tandang.

Tim-tim yang finis di posisi satu dan dua (ditemukan 18 tim), berhak lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, plus melaju ke Piala Asia 2027. Hal itu, berarti Timnas Indonesia wajib finis dua besar untuk lolos ke babak ketiga.

Timnas Indonesia

Di babak ketiga, sebanyak 18 tim dibagi ke dalam tiga grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan enam tim. Menggunakan format round robin, mereka bakal tampil kandang dan tandang. Nantinya, tim yang finis di posisi satu dan dua Grup A, B dan C berhak lolos ke Piala Dunia 2026!

Hal itu berarti, sudah ditemukan enam tim dari Asia. Lantas, bagaimana mencari dua tim tersisa? Nantinya, tim-tim yang menempati posisi tiga dan empat (enam tim) di babak ketiga, bakal tampil di babak pamungkas.

Sebanyak enam tim itu dibagi ke dalam dua grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan tiga tim. Menggunakan format satu pertemuan, tim yang menempati posisi juara grup (A dan B) lolos otomatis ke Piala Dunia 2026.

Sementara itu, tim yang menempati posisi dua di masing-masing grup, bakal bertemu di playoff Asia. Tim yang memenangkan babak ini bakal turun di playoff antarkonfederasi, menghadapi wakil dari konfederasi lain, demi memperebutkan satu tiket lolos ke Piala Dunia 2026.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini