Share

Tetap Mampu Belanja di Tengah Krisis Ekonomi, Begini Cara Barcelona Boyong Pemain

Ilham Sigit Pratama, MNC Portal · Rabu 03 Agustus 2022 03:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 46 2640926 tetap-mampu-belanja-di-tengah-krisis-ekonomi-begini-cara-barcelona-boyong-pemain-2TQhc9iret.jpg Barcelona punya cara jitu agar tetap bisa aktif di bursa transfer musim panas 2022 (Foto: Reuters)

SALAH satu raksasa Spanyol, Barcelona memang sedang dilanda krisis ekonomi. Akan tetapi, tim berjuluk Blaugrana itu masih mampu belanja pemain di tengah neraca keuangan yang tidak stabil.

Usut punya usut, Barcelona memilki cara tersendiri untuk tetap aktif memboyong pemain di bursa transfer musim panas 2022 ini. Adapun cara Barcelona dikenal dengan ‘economic lever’ atau tuas ekonomi ketiga.

Barcelona

Tuas ekonomi ketiga yang dimaksud adalah Barcelona menjual sejumlah asetnya kepada pihak ketiga untuk dijadikan modal dana transfer klub. Dari hasil penjualan tersebut, Barcelona sendiri bakal mendapat dana segar yang digunakan untuk belanja pemain.

Adapun penjualan sebagian aset-aset klub ke pihak-pihak tertentu, seperti hak siar dan lisensi merchandise. Terbaru, Barcelona resmi menjual 25 persen saham Barca Studios atau rumah produksi media klub kepada Socios.com.

Ya, Barcelona diketahui merupakan klub paling boros di bursa transfer musim panas ini. Total, Barcelona diketahui sudah menghabiskan dana sebesar 103 juta Euro (Rp1,56 triliun) untuk berbelanja pemain.

Tak tanggung-tanggung, pemain anyar yang didatangkan merupakan nama-nama beken. Sebut saja Raphinha, Andreas Christensen hingga Robert Lewandowski.

Geliat Barcelona di bursa transfer mengundang tanda tanya publik sepakbola, mengingat mereka tengah dihajar krisis keuangan berupa hutang yang membengkak. Namun, manajemen Barcelona memiliki solusi bernama economic lever seperti yang sudah dijelaskan singkat untuk berbelanja pemain.

“Anda tahu bahwa kami telah menjual 25 persen dari Barca Studios seharga 100 juta Euro (Rp1,5 miliar) kepada Socios.com,” kata Presiden Barcelona, Joan Laporta dilansir Goal International.

Barcelona

Dana dari penjualan saham Barca Studios digunakan untuk mendaftarkan pemain-pemain anyar. Hal itu dilakukan agar tidak bertentangan dengan regulasi yang diberlakukan Liga Spanyol.

“Jika kami menambahkan semua jumlah ini yang mewakili pendapatan signifikan, kami memahami bahwa kami sedang mengerjakan pekerjaan rumah ini dan kami akan mendaftarkan para pemain,” sambungnya.

“Kami optimis, kami melakukan segala kemungkinan untuk mendaftarkan (rekrutan anyar), kami berharap interpretasi yang kami buat sejalan dengan Liga Spanyol,” tandasnya.

Sekadar informasi, Socios.com sendiri adalah wadah untuk menyuarakan suara suporter kepada petinggi klub. Bukan rahasia lagi bahwa klub-klub di Spanyol menyertakan suporter dalam pengambilan keputusan.

Tuas ekonomi tersebut bukan yang pertama kali dilakukan Barcelona pada musim panas ini. Sebelumnya, Barcelona menjual total 25 persen hak siar kepada perusahaan investasi global, Sixth Street Partners guna mendapat kucuran dana yang digunakan belanja pemain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini