Share

Dikecewakan AFF, PSSI Konfirmasi Masih Berpeluang Bawa Timnas Indonesia Tinggalkan AFF!

Ramdani Bur, Okezone · Minggu 31 Juli 2022 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 31 51 2639331 dikecewakan-aff-pssi-konfirmasi-masih-berpeluang-bawa-timnas-indonesia-tinggalkan-aff-eUhaw5zjiw.jpg Timnas Indonesia bakal tinggalkan AFF? (Foto: PSSI)

DIKECEWAKAN Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF), PSSI konfirmasi masih buka peluang membawa Timnas Indonesia meninggalkan AFF. Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengaku Exco PSSI bakal berdiskusi untung ruginya jika meninggalkan AFF.

“Jadi setelah ini kita akan diskusikan dengan anggota Exco PSSI untuk membahas untung ruginya kita keluar atau tidak dari AFF. Setelah itu baru kita putuskan,” kata Sekjen PSSI Yunus Nusi mengutip dari laman resmi PSSI.

Sekjen PSSI Yunus Nusi

(Sekjen PSSI, Yunus Nusi)

“Beri kami waktu dulu. Setelah semua clear, pada waktunya kita akan sampaikan kepada publik,” tegas Yunus Nusi.

Pada Selasa, 12 Juli 2022, PSSI mengajukan protes kepada AFF terkait dugaan adanya praktik sepakbola gajah di Piala AFF U-19 2022 yang melibatkan Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19.

Di saat bersamaan, PSSI mendapat desakan dari pencinta sepakbola Tanah Air di media sosial untuk meninggalkan AFF dan gabung Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF). Hal inilah yang masih diperhitungkan PSSI hingga kini.

Lantas, apa respons AFF setelah mendapat surat protes di atas? AFF menilai tak ada unsur pelanggaran di laga Timnas Vietnam U-19 vs Timnas Thailand U-19.

Follow Berita Okezone di Google News

AFF pun tidak asal mengeluarkan keputusan. Mereka menunjuk Sports Radar untuk melihat apakah ada kecurangan atau tidak di laga Vietnam vs Thailand.

Timnas Vietnam U-19 vs Timnas Thailand U-19

Selain itu, AFF menghadirkan ahli analisa teknis untuk memberikan masukan dan mempelajari laporan pengawas dan perangkat pertandingan. Tak sampai di situ, AFF juga meminta masukan dari Ketua Komite Hukum AFF yang juga merupakan Ketua Komite Disiplin (Komdis) AFC. Alhasil, AFF memutuskan tak ada pelanggaran.

“Kami berterima kasih kepada AFF karena sudah merespons surat resmi dari PSSI. Setelah adanya surat resmi dari AFF itu, kami (PSSI) menerima keputusan itu,” ujar Manajer Tim Nasional U-19, Endri Erawan.

“Pada dasarnya surat itu hanya ingin mempertanyakan apakah laga itu berjalan fairplay atau tidak. Kini semua sudah jelas dan tidak ada masalah lagi,’’ lanjut Endri Erawan.

Menarik menanti, apakah Timnas Indonesia benar meninggalkan AFF? Keputusan wajib segera diambil, mengingat pada Agustus 2022, drawing Piala AFF 2022 dilangsungkan di Bangkok, Thailand.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini