Share

Jurnalis Inggris Sebut Indonesia Layak Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Krisna Octavianus, Okezone · Minggu 24 Juli 2022 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 24 51 2635353 jurnalis-inggris-sebut-indonesia-layak-jadi-tuan-rumah-piala-asia-2023-j2G80G3G2p.jpg Timnas Indonesia saat melawan Kuwait di kualifikasi Piala Asia 2023. (Foto: PSSI)

EMPAT negara bersaing untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, Qatar, Australia, Korea Selatan, dan Indonesia. Menurut jurnalis asal Inggris, John Duerden, Indonesia disebut layak jadi tuan rumah menggantikan China.

China memilih mundur sebagai tuan rumah karena ingin mengendalikan Covid-19 di negaranya. Pemerintah China tampak tidak siap jika harus kedatangan ratusan pemain dan ofisial dari 24 negara peserta Piala Asia 2023.

Timnas Korea Selatan

(Timnas Korea Selatan saat menghadapi Brasil dalam laga uji coba. Foto: Reuters)

Kini, empat negara siap bersaing untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Korea Selatan sudah mengajukan secara resmi untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. 

Sementara itu, Qatar, Australia dan Indonesia adalah tiga negara lain yang tertarik. Ketiga negara sebenarnya sudah juga mengajukan secara resmi tapi belum memberikan penawaran rinci, termasuk bagaimana mereka akan mengatur semuanya, dan itu diserahkan pada akhir Agustus. Kemudian keputusan akan dibuat pada Oktober 2022 ketika AFC mengadakan rapat.

Menurut jurnalis Inggris, John Duerden, dalam tulisannya di Korea Times, Indonesia adalah pilihan yang menarik. Tapi, ia tetap menjagokan Korea Selatan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

"Indonesia adalah salah satu yang menarik tetapi sudah begitu lama sejak Korea Selatan menjadi tuan rumah. Asal tawarannya kuat, Korea Selatan bisa jadi tuan rumah," tulis John Duerden.

Timnas Indonesia

Terakhir kali Korea Selatan menjadi tuan rumah Piala Asia adalah pada 1960. Ketika itu Taeguk Warriors -julukan Timnas Korea Selatan- juga memenangi trofi.

Kemudian, John Duerden juga menganalisis kemungkinan Qatar dan Australia jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Qatar dan Australia disebut-sebut kesempatannya kecil.

Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Kalaupun mau jadi tuan rumah Piala Asia 2023, itu baru bisa dilaksanakan pada Januari 2024. Sebab, Juni dan Juli, cucaca di Qatar sangat ekstrem. 

Sementara itu, Australia juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita 2023. Hal ini membuat Australia, menurut John Duerden, akan tersingkir dari persaingan. 

Timnas Indonesia sendiri berhasil melaju ke Piala Asia 2023 setelah berjibaku di babak kualifikasi putaran ketiga bulan lalu. Anak asuh Shin Tae-yong mengalahkan Kuwait dan Nepal untuk bisa melaju ke pesta sepak bola terakbar di Asia itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini