Share

Media Vietnam Sombong, Sebut Timnas Vietnam Otomatis Lolos ke Fase Gugur jika Segrup dengan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Rivan Nasri Rachman, Okezone · Kamis 21 Juli 2022 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 51 2633752 media-vietnam-sombong-sebut-timnas-vietnam-otomatis-lolos-ke-fase-gugur-jika-segrup-dengan-timnas-indonesia-di-piala-asia-2023-SAidx1WA88.jpg Timnas Indonesia diremehkan media Vietnam. (Foto: PSSI)

MEDIA asal Vietnam, Bongda, meremehkan Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Pasalnya media tersebut merasa Timnas Vietnam akan sangat diuntungkan jika bisa satu grup dengan skuad Garuda di Piala Asia 2023 lantaran akan lolos dengan mudah dari fase grup.

Seperti yang diketahui, saat ini Federasi Piala Asia (AFC) belum melakukan drawing untuk Piala Asia 2023. Untuk saat ini, Vietnam menempati pot kedua dan Timnas Indonesia kemungkinan besar berada di pot keempat.

Jika AFC tak memberlakukan adanya larangan satu regional saat drawing Piala Asia 2023, maka Timnas Indonesia bisa satu grup dengan Vietnam. Masalahnya Vietnam masih akan menemui lawan yang berat dari pot 1 yang membuat mereka kesulitan untuk lolos dari fase grup.

Timnas Vietnam

Jadi, Bongda berharap Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Ya, saat ini AFC belum memutuskan negara mana yang akan menjadi tuan rumah ajang sepakbola paling besar di Asia tersebut.

Sejatinya China adalah tuan rumahnya, namun karena masalah pandemi Covid-19, negara tersebut batal menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Kini sudah ada empat negara yang siap mengajukan diri menjadi tuan rumah, yakni Indonesia, Qatar, Korea Selatan, dan Australia.

Bongda pun berharap Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Sebab dengan menjadi tuan rumah, Indonesia akan naik ke pot 1 dan Vietnam akan tergeser ke pot 3 lantaran negara tersebut berada di posisi terakhir di pot 2.

Naiknya Timnas Indonesia ke pot 1 dianggap Bongda akan menguntungkan Vietnam jika kedua negara berada di grup yang sama. Sebab Bongda menilai lawan terkuat Vietnam nantinya akan berasal dari pot 2.

Sementara pot 4 dan pot 1 yang dihuni Timnas Indonesia dianggap media Vietnam tersebut akan sangat mudah dikalahkan oleh pasukan The Golden Star tersebut. Tentu apa yang diungkapkan Bongda jelas sangat meremehkan Timnas Indonesia lantaran dianggap mudah dikalahkan.

“Andai pembagian (grup Piala Asia 2023) tidak mengikat regional, Vietnam bisa diuntungkan. Jika beruntung, Vietnam bisa berada di grup yang sama dengan Timnas Indonesia,” bunyi pernyataan media Vietnam, Bongda, Kamis (21/7/2022).

Timnas Indonesia

“Dengan memiliki tim yang lebih lemah dari pot 4, kesempatan Golden Start untuk lolos ke babak penyisihan bisa terbuka. Vietnam sering menang melawan skuad Garuda dan para pesaing lain dari Asia Tenggara lainnya,” tambah media tersebut.

Pernyataan Bongda yang menyebut Vietnam kerap meraih hasil positif atas Timnas Indonesia bisa dikatakan tidak salah sepenuhnya. Namun, tentunya Timnas Indonesia akan tampil berbeda di Piala Asia 2023 nanti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini