Share

Media Vietnam Bahas PSSI yang Dikritik karena Ingin Tinggalkan AFF, Tak Rela Timnas Indonesia Gabung EAFF?

Ramdani Bur, Okezone · Kamis 21 Juli 2022 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 51 2633748 media-vietnam-bahas-pssi-yang-dikritik-karena-ingin-tinggalkan-aff-tak-rela-timnas-indonesia-gabung-eaff-SA78QpdP3H.jpg Timnas Indonesia siap tinggalkan AFF demi gabung EAFF? (Foto: PSSI)

MEDIA Vietnam, Dantri, membahas PSSI yang dikritik karena ingin meninggalkan Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF). Apakah ini pertanda Vietnam tak rela Timnas Indonesia meninggalkan AFF untuk gabung Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF)?

Sekadar diketahui, Timnas Indonesia dalam hal ini PSSI mendapat dorongan dari sejumlah pencinta sepakbola Tanah Air untuk meninggalkan AFF. Tak hanya diminta meninggalkan AFF, PSSI juga didorong untuk gabung EAFF.

Asnawi Mangkualam

Diharapkan dengan gabung EAFF, level Timnas Indonesia bakal terangkat. Sebab, Timnas Indonesia bakal bertemu dengan tim-tim mapan Asia Timur seperti Jepang, Korea Selatan dan China.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, pun menyambut baik keinginan pencinta sepakbola Tanah Air. Ia mengaku sudah ada komunikasi antara PSSI dan EAFF.

"Iya (komunikasi dengan EAFF) sudah menyampaikan kita lewat Sekjen. Mungkin dia (EAFF) seneng aja kalo kita masuk," kata Mochamad Iriawan.

Hanya saja, media Vietnam mengutip pernyataan salah satu pengamat sepakbola Tanah Air, Mohamad Kusnaeni. Bung Kus –sapaan akrab Mohammad Kusnaeni– mengatakan apa yang sudah dilakukan PSSI terlalu kekanak-kanakan.

“PSSI terkesan terlalu kekanak-kanakan jika hanya menuruti keinginan netizen setelah kecewa tersingkir dari Piala AFF U-19 2022. PSSI adalah organisasi yang berintegritas jadi jangan terpengaruh opini seperti itu (meninggalkan AFF),” kata Bung Kus mengutip dari Dantri.

Timnas Indonesia

Jika gabung EAFF, Timnas Indonesia kelompok umur akan menjadi korban. Sebab, mereka bakal kehilangan turnamen untuk menempa diri.

Sekadar diketahui, di EAFF tak ada turnamen kelompok umur layaknya di AFF seperti U-16, U-19 dan U-23. Jepang dan Korea Selatan saja pernah tampil di Piala AFF U-19, efek tak ada turnamen kelompok umur di Asia Timur.

Karena itu, menarik menanti apa keputusan yang bakal diambil PSSI. Beranikah PSSI meninggalkan Asia Tenggara dan bergabung dengan EAFF?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini