Share

Media Vietnam Bongkar Rekor Pertemuan Timnas Indonesia Kontra Anggota EAFF, Hasilnya Mengejutkan!

Ramdani Bur, Okezone · Kamis 21 Juli 2022 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 51 2633678 media-vietnam-bongkar-rekor-pertemuan-timnas-indonesia-kontra-anggota-eaff-hasilnya-mengejutkan-lXFfmTRC1X.jpg Media Vietnam bongkar rekor pertemuan Timnas Indonesia kontra anggota EAFF. (Foto: PSSI)

MEDIA Vietnam, Soha.vn, membongkar rekor pertemuan Timnas Indonesia kontra anggota Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF). Uniknya, rekor pertemuan Timnas Indonesia versus salah satu tim kuat EAFF tak bisa dikatakan buruk.

Sekadar diketahui, Timnas Indonesia dalam hal ini PSSI mendapat dorongan dari netizen. Mereka dituntut angkat kaki dari AFF dan gabung EAFF.

Timnas Indonesia

Kenapa EAFF yang dipilih? Sebab, secara geografis dan level kompetitifnya, EAFF dinilai dapat meningkatkan level Timnas Indonesia. Saat ini, tercatat ada 10 anggota EAFF.

Mereka ialah Jepang, Korea Selatan, China, Korea Utara, Hong Kong, Taiwan, Mongolia, Makau, Guam dan Kepulauan Mariana Utara.

Dari 10 tim di atas, Timnas Indonesia pernah menghadapi tujuh tim di antaranya. Fakta yang mengejutkan, Timnas Indonesia cukup bersaing jika bicara head-to-head dengan Jepang.

Hal itu karena dulu, level sepakbola Indonesia masih di atas Jepang atau bisa dibilang setara. Menurut Soha, dari 17 pertemuan, Timnas Indonesia menang 7 kali, 2 imbang dan 8 kalah kontra Jepang.

Follow Berita Okezone di Google News

Timnas Indonesia paling dominan atas Taiwan. Dari 14 pertemuan, Timnas Indonesia menang 10 kali dan tumbang 4 kali.

Timnas Korea Selatan

(Timnas Korea Selatan, anggota EAFF yang paling sering kalahkan Timnas Indonesia)

Lantas, siapa yang paling superior atas Timnas Indonesia? Jawabannya adalah Korea Selatan. Dari 60 pertemuan, Timnas Indonesia hanya menang 6 kali dan 8 kali imbang, sisanya atau 46 laga lain skuad Garuda menderita kekalahan.

Timnas Indonesia juga inferior di hadapan China. Dari 19 pertemuan, Timnas Indonesia hanya menang 2 kali, 4 imbang dan 13 kalah. Sementara itu, Timnas Indonesia tercatat belum pernah bertemu Makau, Guam dan Kepulauan Mariana Utara.

Berikut rekor pertemuan Timnas Indonesia kontra anggota EAFF:

1. China 19 Main (menang 2-seri 4-kalah 13)

2. Taiwan 14 Main (10-0-4)

3. Hong Kong 17 Main (8-4-5)

4. Jepang 17 Main (7-2-8)

5. Korea Selatan 60 Main (6-8-46)

6. Korea Utara 9 Main (0-1-8)

7. Mongolia 4 Main (4-0-0)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini