Share

Disebut Kekanak-kanakan karena Ingin Bawa Timnas Indonesia Tinggalkan AFF, PSSI Serang Balik Timnas Thailand

Andika Rachmansyah, MNC Portal · Minggu 24 Juli 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 24 51 2635194 disebut-kekanak-kanakan-karena-ingin-bawa-timnas-indonesia-tinggalkan-aff-pssi-serang-balik-timnas-thailand-WkQQpMJXyB.jpg Timnas Indonesia disebut kekanak-kanakan oleh Timnas Thailand (Foto: PSSI)

EKS pelatih Timnas Thailand, Steve Darby turut menyoroti sikap Timnas Indonesia, yang mengancam untuk keluar dari Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) ke Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF). Steve Darby menilai Timnas Indonesia terlalu kekanak-kanakan jika benar keluar dari AFF.

Mengetahui hal itu, Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum (Ketum) Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) tak terima dengan ucapan Steve Darby. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu langsung menyerang balik ucapan Steve Darby, yang dianggap tak tahu permasalahan sebenarnya.

Mochamad Iriawan

Seperti diketahui sebelumya, PSSI mengajukan protes keras kepada AFF terkait dugaan sepakbola gajah, yang terjadi di Piala AFF U-19 2022 silam. Di mana laga Timnas Vietnam U-19 vs Timnas Thailand U-19 disinyalir ada main mata demi memuluskan langkah kedua tim tersebut.

Pasalnya, kedua negara terlihat bermain aman, sehingga membuat Timnas Indonesia U-19 tak lolos ke semifinal. Timnas Indonesia U-19 kalah secara head to head dari Thailand dan Vietnam di fase penyishan Grup A Piala AFF U-19 2022.

Karena kejadian itu, PSSI meminta AFF untuk menginvestigasi laga Vietnam kontra Thailand. Selain surat protes, PSSI juga membahas wacana meninggalkan AFF dan bergabung dengan EAFF.

Meski masih wacana, banyak tanggapan pro dan kontra terkait hal itu. Kemudian wacana tersebut mendapat kritikan dari Steve Darby. Sekadar informasi, Steve Darby sendiri pelatih Timnas Thailand periode 2008-2009 silam.

Dalam ucapannya yang dilansir dari media Vietnam, Soha VN, ia menyebut AFF tidak akan begitu saja membiarkan Indonesia pindah ke EAFF. Pelatih berkebangsaan Inggris itu juga menyebut Timnas Indonesia tidak akan bisa bersaing jika hengkang ke EAFF.

“PSSI bersikap kekanak-kanakan! AFF tidak akan mengizinkan mereka keluar dan juga EAFF akan sulit menerima mereka. Kepada PSSI melakukan ini karena pertandingan Vietnam vs Thailand? Seharusnya ada alasan yang lebih jelas,” kata Steve Darby dilansir dari Soha VN.

Follow Berita Okezone di Google News

Mengenai lontaran pedas Steve Darbu, Iwan Bule pun membalas ucapannya. Mochamad Iriawan menilai, justru Thailand yang kekanak-kanakan, karena tak tampil sungguh-sungguh ketika menghadapi Vietnam di matchday terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022.

Timnas Indonesia

Iwan Bule juga mengingatkan kepada semua pihak untuk tidak asal bicara. Pasalnya, PSSI belum ambil keputusan terkait hengkang dari AFF. Lebih jauh, harus ada tindakan dari AFF selaku penyelenggara. Sebab, ada indikasi Vietnam dan Thailand main mata.

“Thailand yang kekanak-kanakan main di lapangan. Terbalik dong, kekanak-kanakan apa? Saya tidak bilang kita keluar dari AFF. Saya hanya menyambut keinginan netizen, tolong dicermati dong,” kata Mochamad Iriawan menanggapi hal tersebut kepada awak media.

“Kadang-kadang pelatih Thailand itu yang tidak benar di lapangan. Harusnya main nekan dong, ini bola di oper kanan ke kiri diam saja. Apakah ini permainan Thailand?” lanjutnya.

“Kan tidak begitu biasanya. Kan Thailand tidak pernah begitu mainnya. Biasa menyerang, ofensif terus. Ini cuma ngoper-ngoper. Ini perlu didalami oleh AFF,” sambungnya.

“Apa ini sudah ada rencana sebelumnya atau terjadi begitu saja di lapangan? Masa main bola begitu. di FIFA itu main bola bukan hanya menang kalah, tapi ada azas adil, jujur, tidak curang, fair-play itu jelas di FIFA,” pungkas Iwan Bule.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini