Share

Timnas Indonesia Segera Tinggalkan AFF, Pandit Vietnam: Keduanya Sama-Sama Rugi!

Hakiki Tertiari , Okezone · Kamis 21 Juli 2022 17:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 51 2633936 timnas-indonesia-segera-tinggalkan-aff-pandit-vietnam-keduanya-sama-sama-rugi-r5x5Dp8F1J.jpg Timnas Indonesia dinilai alami kerugian jika keluar dari AFF (Foto: Laman resmi AFF)

PENGAMAT sepakbola Vietnam, BLV Quang Tung menilai kerugian akan dialami oleh Timnas Indonesia maupun Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) jika keduanya saling bercerai. Ya, seperti diketahui, kondisi antara Timnas Indonesia dan AFF kian memanas.

Dalam hal ini, Timnas Indonesia melalui Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) dituntut oleh pecinta sepakbola Tanah Air, meninggalkan AFF dan pindah ke Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF). Hal itu buntut dari indikasi sepakbola gajah yang terjadi di Piala AFF U-19 2022.

Timnas Indonesia

Ketika itu, Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 diduga main aman, demi memuluskan langkah ke semifinal. Laga yang berakhir 1-1 antar dua tim itu pun akhirnya dilaporkan oleh PSSI kepada AFF.

Akan tetapi, sampai saat ini AFF belum memberikan respons bai katas protes PSSI. Sebab demikian, pecinta sepakbola Tanah Air, meminta PSSI keluar dari AFF sebagai bentuk protes keras.

Memanasnya rumor tersebut itu ternyata sampai ke negeri tetangga, Vietnam. Salah satu pengamat sepakbola Vietnam, BLV Quang Tung menyebutkan seandainya Timnas Indonesia dan AFF benar-benar bercerai, maka kedua belah pihak tidak mendapat keuntungan sama sekali.

Ia mengatakan jika AFF bakal kehilangan negara yang mayoritas menggilai sepakbola. Dengan kata lain, AFF harus siap kehilangan pendapatan secara material lantaran pecinta sepakbola Tanah Air tidak lagi menonton laga Piala AFF nantinya.

“Kalau Indonesia benar-benar pergi, pasti rugi AFF. Kita punya 10 anggota, Indonesia anggota aktif, sekarang rugi mereka pergi. Negara berpenduduk beberapa ratus juta orang, dan sangat mencintai sepak bola, namun mundur dari AFF merupakan kerugian bagi masyarakat luas,” ucap BLV Quang Tung dilansir dari Soha VN pada Kamis (21/7/2022).

Follow Berita Okezone di Google News

Di sisi lain, bukan cuma AFF yang rugi. Timnas Indonesia pun bakal alami hal serupa. Pasalnya, BLV Quang Tung menilai jika Timnas Indonesia berharap bisa bertemu tim-tim kuat di Asia Timur, mereka harus bekerja keras.

Pasalnya, turnamen regional EAFF dalam hal ini EAFF Football Championship, memang diikuti oleh 10 tim. Hanya saja, ada sejumlah babak eliminasi sebelum tim-tim terpilih tembus ke babak utama.

Timnas Indonesia

Hal itu yang disinyalir BLV Quang Tung sebagai kerugian Timnas Indonesia. Sebab, mereka tak mudah bersua tim seperti China, Korea Selatan, maupun Jepang.

“Indonesia sendiri juga rugi! Jika Indonesia bergabung dengan EAFF dan bertemu tim seperti Hong Kong (Cina), Cina Taipei, mudah untuk menang, tetapi penghitungan skor peringkat FIFA mereka sangat rendah. Tim lain di Asia Timur seperti Korea Selatan, Jepang, China, dan Korea Utara terlalu kuat buat Indonesia,” cetus BLV Quang Tung.

“Kalau Indonesia ke Asia Timur lalu main di turnamen besar, harus hadapi playoff dengan daerah lain, sering bentrok dengan lawan yang kuat, yang tidak menguntungkan mereka,” terangnya.

Lantas seperti apa nasib Timnas Indonesia ke depan? Tentu menarik untuk mengikuti perkembangan isu tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini