Share

5 Negara Anggota EAFF yang Punya Ranking FIFA di Atas Timnas Indonesia, Nomor 1 Tempat Pratama Arhan Berkarier

Andika Pratama, Okezone · Kamis 21 Juli 2022 07:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 51 2633440 5-negara-anggota-eaff-yang-punya-ranking-fifa-di-atas-timnas-indonesia-nomor-1-tempat-pratama-arhan-berkarier-EQ7ne68KD4.jpg Berikut lima negara anggota EAFF yang punya ranking FIFA di atas Timnas Indonesia (Foto: Laman resmi AFF)

5 negara anggota EAFF yang punya ranking FIFA di atas Timnas Indonesia, akan dibahas Okezone. Jika keluar dari AFF dan gabung EAFF, Timnas Indonesia harus mempersiapkan diri dengan baik.

Penyebabnya adalah terdapat lima tim yang amat berkualitas di EAFF dan menempati ranking FIFA lebih baik ketimbang Timnas Indonesia. Berikut lima negara anggota EAFF yang punya ranking FIFA di atas Timnas Indonesia:

5. Hong Kong – Ranking 145

Timnas Hong Kong (Foto: HKFA)

Hong Kong akan memulai daftar ini. Bagi pencinta sepak bola di Tanah Air, sepak terjang Hong Kong di dunia sepak bola tentu tidak terlalu diketahui.

Namun, Hong Kong ternyata menempati ranking FIFA yang lebih baik ketimbang Timnas Indonesia. Hong Kong kini menempati ranking 45.

4. Korea Utara – Ranking 112

Timnas Korea Utara (Foto: Istimewa)

Korea Utara ada di posisi keempat. Meski negaranya dikenal tertutup, Korea Utara punya timnas yang lumayan kuat. Korea Utara bahkan beberapa kali mentas di Piala Dunia.

Prestasi terbaik Korea Utara adalah mencapai perempatfinal Piala Dunia 1966. Korea Utara kini menempati ranking 112.

Follow Berita Okezone di Google News

3. China – Ranking 78

Timnas China (Foto: Istimewa)

Selanjutnya, ada China yang menempati ranking 78. Negeri Tirai Bambu mulai fokus pada pengembangan sepakbola dalam beberapa tahun terakhir ini.

Pesepakbola bintang pun mulai bermain di kompetisi Negeri Tirai Bambu yang akhirnya meningkatkan kualitas sepakbola China. Selain pesepakbola, beberapa pelatih berkelas pun sempat merumput di kompetisi China. Meningkatnya kualitas kompetisi berdampak pada kekuatan China di sepakbola internasional.

2. Korea Selatan – Ranking 28

Son Heung-min (Foto: Reuters)

Posisi kedua ditempati oleh Korea Selatan yang merupakan negara asal Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Korea Selatan adalah salah satu wakil Asia yang kerap mentas di Piala Dunia. Kini, Korea Selatan menempati ranking 28.

Korea Selatan memiliki beberapa pemain bintang yang berkarier di Eropa. Ambil Contoh, Son Heung-min yang memperkuat Tottenham Hotspur. Son bahkan mencetak sejarah dengan menjadi pemain Asia pertama yang menjadi top skor Liga Inggris pada musim lalu.

Sementara itu, salah satu pemain Timnas Indonesia, yaitu Asnawi Mangkualam Bahar, sedang berkarier di Korea Selatan. Dia membela Ansan Greeners di kasta kedua sepakbola Korea Selatan.

1. Jepang – Ranking 24

Timnas Jepang (Foto: Twitter/@afcasiancup)

Jepang menempati posisi pertama dalam daftar ini. Ranking FIFA Jepang ada empat tangga di atas Korea Selatan. Seperti Korea Selatan, Jepang pun berulang kali berlaga di Piala Dunia.

Jepang memiliki banyak pemain berkualitas. Beberapa di antaranya bahkan berkarier di Eropa dengan klub-klub yang cukup dikenal oleh pencinta sepakbola di Tanah Air.

Salah satu yang cukup dikenal sekarang adalah Takumi Minamino. Minamino membela Liverpool pada musim lalu dan membantu The Reds menjuarai Piala Liga Inggris dan Piala FA. Kini, dia telah pindah ke AS Monaco.

Sementara itu, salah satu pemain Timnas Indonesia, yaitu Pratama Arhan, sedang berkarier di Jepang. Dia membela Tokyo Verdy di kasta kedua sepakbola Jepang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini