Share

Diduga Sengaja Turunkan Tempo Permainan, Pelatih Thailand U-19 dan Vietnam U-19 Buka Suara

Andri Bagus Syaeful , MNC Portal · Senin 11 Juli 2022 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 11 51 2627177 diduga-sengaja-turunkan-tempo-permainan-pelatih-thailand-u-19-dan-vietnam-u-19-buka-suara-ey49BDWD8Y.jpg Timnas Thailand U-19 temani Vietnam U-19 ke semifinal Piala AFF U-19 2022. (Foto: Instagram/changsuek)

JAKARTA - Banyak yang mencurigai Tim Nasional (Timnas) Vietnam U-19 dan Thailand U-19 main mata di laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022 yang berakhir imbang 1-1 tersebut. Kecurigaan itu berdsarkan pada menit-menit akhir petandingan, tempo permainan mereka menurun drastis.

Ditanyai perihal tempo permainan yang menurun itu, kedua pelatih kompak menyebut hal tersebut tidak disengaja. Baik pelatih Vietnam U-19 dan Thailand U-19 beralasan semua itu karena faktor kelelahan yang dirasakan para pemain.

Dalam laga yang dihelat di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu 10 Juli 2022 malam WIB, Thailand unggul lebih dahulu lewat gol Kroekphon Arbram (72'). Namun, Vietnam langsung membalas setelah Khuat Van Khang (75') berhasil mencetak gol.

Vietnam U-19 vs Thailand U-19 (Twitter/AFFPresse)

Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia (MPI), kedua tim melambatkan tempo permainan setelah hasil imbang. Vietnam pun hanya memainkan bola di lini pertahanan tanpa diganggu pemain Thailand.

Pelatih Vietnam U-19, Dinh The Nam mengatakan timnya tidak bisa terus menjaga tempo menyerang setelah hasil imbang. Sebab, kondisi fisik para pemain mulai bermasalah sehingga mau tidak mau tempo permainan harus diturunkan.

"Setelah imbang pada babak kedua, kami memang tidak bisa menekan Thailand karena stamina pemain yang berkurang drastis," ucap Dinh The Nam, usai laga Veitnam U-19 vs Thailand U-19, Senin (11/7/2022).

"Saya menginstruksikan para pemain penyerang agar terus menekan. Namun, hal itu tidak efektif karena stamina pemain yang menurun," tambahnya.

Sementara itu, Pelatih Thailand U-19 , Salvador Valero Garcia menyatakan hal serupa dengan pelatih Vietnam. Lantaran, dia mengaku pemainnya pun mengalami kelelahan.

"Penurunan tempo pertandingan karena kami sangat lelah. Kami sulit menyimpan energi pada pertandingan betat ini. Jadi, kami sulit untuk kompak hingga akhir laga," ujar Salvador Valero.

Vietnam U-19 vs Thailand U-19 (Instagram/changsuek)

Hasil imbang 1-1 itu membuat peluang Timnas Indonesia U-19 tertutup melaju ke babak semifinal Piala AFF karena regulasi head-to-head. Padahal, Timnas Indonesia hanya butuh Vietnam dan Thailand imbang 0-0 atau saling mengalahkan untuk lolos ke babak semifinal.

Sementara itu Timnas Indonesia sukses menang 5-1 atas Myanmar di Stadion Patriot, Bekasi. Hasil itu membuat tim berjuluk Garuda Muda mengumpulkan 11 angka, sama seperti Thailand U-19 dan Vietnam U-19.

Akan tetapi, Timnas Indonesia U-19 tetap di peringkat tiga karena kalah dalam hal head-to-head dengan kedua tim tersebut. Alhasil, Vietnam U-19 dan Thailand U-19 menjadi wakil Grup A yang lolos ke semifinal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini