Share

Pelatih Timnas Thailand U-19 Ungkap Penyebab Gagal Kalahkan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022

Tim Okezone, Okezone · Kamis 07 Juli 2022 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 07 51 2625283 pelatih-timnas-thailand-u-19-ungkap-penyebab-gagal-kalahkan-timnas-indonesia-u-19-di-piala-aff-u-19-2022-QP1OfdP9Sb.jpg Laga Timnas Indonesia U-19 vs Thailand berlangsung sengit. (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho)

PELATIH Timnas Thailand U-19, Salvador Valero Garcia, mengungkap penyebab kenapa timnya gagal mengalahkan Timnas Indonesia U-19 di matchday ketiga Grup A Piala AFF U-19 2022, Rabu 6 Juli 2022 malam WIB. Ia mengatakan keberadaan dua pemain Persija Jakarta, Muhammad Ferrari (bek) dan Cahya Supriadi, di tubuh Timnas Indonesia U-19 menjadi penyebabnya.

"Ketika Indonesia memasukkan Ferarri, sisi kanan pertahanan mereka jadi sulit untuk ditembus," kata Salvador Valero Garcia, mengutip dari Antara.

Muhammad Ferrari

(Muhammad Ferrari (4) tampil tangguh di laga Timnas Indonesia U-19 vs Thailand)

Muhammad Ferarri sempat cedera di laga kontra Vietnam pada Sabtu, 2 Juli 2022. Alhasil ,ia absen di laga kontra Brunei pada Senin, 4 Juli 2022. Kemudian, ia masuk di akhir babak pertama versus Thailand menggantikan Marselino Ferdinan yang cedera.

Penampilan bek 18 tahun itu cukup solid untuk mengadang serangan-serangan Thailand di babak kedua. Sementara itu, di posisi kiper Cahya Supriadi tampil kukuh di bawah mistar gawang.

Cahya Supriadi membuat setidaknya lima penyelamatan penting yang menghindarkan Timnas Indonesia U-19 dari kebobolan. Salah satunya ketika ia menahan bola sepakan gelandang Seksan Ratree saat berhadapan satu lawan satu pada menit ke-73.

"Kalau bisa menahan bola dalam situasi satu lawan satu, Anda harus memberikan kredit kepada kiper. Saya berharap pemain kami lebih tenang ketika berada di situasi serupa pada laga-laga berikutnya," lanjut Salvador.

Menanggapi penilaian Salvador, Cahya Supriadi menyampaikan terima kasih. "Semoga saya bisa terus konsisten," kata dia.

Mengenai hasil pertandingan melawan Timnas Indonesia U-19 yang berakhir tanpa gol, Salvador tak merasa itu skor yang pantas. Juru taktik asal Spanyol itu menilai Thailand semestinya memenangkan laga, mengingat banyaknya peluang yang mereka ciptakan terutama pada babak kedua.

Cahya Supriadi

(Cahya Supriadi (kedua dari kanan) tampil gemilang di laga Timnas Indonesia U-19 vs Thailand)

"Pada babak pertama, kami sulit menguasai bola seperti biasanya. Mungkin karena pemain sedikit gugup melihat atmosfer stadion yang dipenuhi penonton. Pada paruh kedua, kami melakukan penyesuaian, kami menekan lebih tinggi dan menjaga bola dengan baik. Kami punya peluang-peluang bersih tapi kami tak bisa menang. Namun, jika tak menang, setidaknya kami tak kalah. Meski begitu, saya merasa kami pantas mendapatkan tiga poin," kata Salvador.

Saat ini Timnas Indonesia U-19 yang berada di posisi empat klasemen Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan lima poin, hanya terpaut dua angka dari Vietnam dan Thailand yang menempati posisi satu dan dua. Sementara itu, posisi tiga diisi Myanmar dengan enam angka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini