Share

Piala AFF U-19 2022: Permainan Timnas Indonesia U-19 Dikritik Pelatih Malaysia

Cikal Bintang, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 02:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 51 2622934 piala-aff-u-19-2022-permainan-timnas-indonesia-u-19-dapat-kritik-x4YFBkKoCy.jpeg Permainan Timnas Indonesia U-19 dapat kritik (Foto: MPI/Aldhi Chandra)

TIMNAS Indonesia U-19 gagal menuai kemenangan pada matchday pertama Grup A Piala AFF U-19 2022. Garuda Nusantara imbang 0-0 lawan Vietnam meski tampil lebih dominan.

Meski begitu, permainan Timnas Indonesia U-19 dapat kritik dari pengamat sepakbola Malaysia, Raja Isa. Menurut Raja, Timnas Indonesia U-19 masih memainkan sepakbola agresif nan kasar dan sulit menemukan pola permainan yang rapi.

Timnas Indonesia U-19 vs Timnas Vietnam U-19 (Foto: MPI/Aldhi Chandra)

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-19 melawan Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu 2 Juli 2022, malam WIB. Timnas Indonesia U-19 gagal membobol gawang Vietnam.

“Saya mengapresiasi Indonesia U-19 dengan sumber daya fisik yang melimpah ketika bergegas mengepung pemain Vietnam U-19 setelah peluit awal dibunyikan. Mereka aktif melakukan pendekatan untuk memberikan tekanan dan menunjukkan efisiensi dengan cara bermain seperti itu,” kata Raja mengawali kritiknya, dikutip dari Soha VN, Senin (4/7/2022).

“Namun, ketika lawan merebut bola dan mengerahkan permainan untuk berbalik dan mengontrol, Indonesia U-19 jelas memperlihatkan citra buruk dalam cara bermain. Situasi agresif, bahkan kekerasan, tidak diperlukan dalam turnamen remaja,” sambungnya.

Lebih lanjut, mantan pelatih Persipura Jayapura itu menilai, Timnas Indonesia U-19 seharusnya bisa bermain lebih baik. Menurutnya, Garuda Nusantara bisa menunjukkan permainan sepakbola indah.

“Indonesia U-19 sepertinya sudah melupakan hal ini, mereka berinvestasi dan mempersiapkan diri dengan baik sehingga mereka seharusnya tampil meyakinkan dengan penampilan sepakbola yang indah, bukan kebiasaan lama seperti yang masih kita lihat di level timnas,” ujar Raja.

“Kekuatan Indonesia selain kekuatan fisik dan kecepatan sebenarnya tidak banyak dalam cara bermain, mereka masih bergantung pada individu, biasanya di sini adalah Ronaldo Kwateh,” ungkapnya.

Timnas Indonesia U-19 vs Timnas Vietnam U-19 (Foto: MPI/Aldhi Chandra)

Raja memperingatkan tim-tim lain di Piala AFF U-19 2022 soal kekuatan Timnas Indonesia U-19. Akan tetapi, dia juga ragu Timnas Indonesia U-19 dapat menjuarai turnamen kelompok umur tersebut.

“Mereka telah menyebabkan kesulitan tertentu bagi Vietnam U-19 dan tentunya lawan lainnya juga harus waspada. Tapi, mengingat jalan yang panjang dan masih menunjukkan gaya permainan seperti itu, saya pikir Indonesia juga sulit untuk mencapai tujuan tertinggi," pungkas Raja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini