Share

5 Pemain Naturalisasi yang Pernah Jadi Beban Timnas Indonesia, Nomor 1 Kini Berprofesi sebagai Satpam

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 16:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 51 2621244 5-pemain-naturalisasi-yang-pernah-jadi-beban-timnas-indonesia-nomor-1-kini-berprofesi-sebagai-satpam-E4zd8sgAzi.jpg 5 Pemain Naturalisasi yang Pernah Jadi Beban Timnas Indonesia. (Foto: Instagram)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia saat ini tengah berusaha menaturalisasi tiga pemain keturunan, yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama. Tentunya program naturalisasi itu bukanlah hal yang baru untuk Timnas Indonesia.

Beberapa pemain pernah dinaturalisasi untuk bisa memperkuat skuad Garuda. Namun, tak semua berhasil. Ada beberapa pemain naturalisasi yang justru menjadi beban di Timnas Indonesia. Lantas siapa saja mereka?

Berikut 5 Pemain Naturalisasi yang Pernah Jadi Beban Timnas Indonesia:

5. Bio Paulin

Bio Paulin

Bio Paulin masuk dalam program naturalisasi yang rampung pada 2015. Pemain kelahiran Kamerun itu diharapkan bisa membantu Timnas Indonesia setelah tampil bagus selama membela Persipura Jayapura.

Akan tetapi, Bio Paulin justru kerap bermain buruk. Sampai-sampai ia pada akhirnya mulai jarang dipanggil untuk membela skuad Garuda.

4. Ruben Wuarbanaran

Ruben Wuarbanaran

Ruben Wuarbanaran dinaturalisasi untuk membantu Timnas Indonesia tampil di SEA Games 2011. Ia satu paket dengan Diego Michiels saat PSSI melakukan naturalisasi pemain.

Namun, bukannya memberikan kekuatan baru, Ruben justru menjadi beban lantaran tak bisa menembus skuad utama d Timnas Indonesia. Ia gagal lolos seleksi, sementara Diego Michiels bernasib lebih baik karena masuk ke skuad utama Timnas Indonesia.

3. Sergio van Dijk

Sergio van Dijk

PSSI pernah berjuang untuk menaturalisasi Sergio van Dijk di 2014 lantaran penampilannya saat bermain di Eropa sangatlah gemilang. Namun, ketika dipercaya memakai jersey Timnas Indonesia di pra Piala Asia 2015, Van Dijk tampil kurang menggigit.

Dari enam penampilannya bersama Timnas Indonesia, Van Djik cuma bisa mencetak satu gol. Van Dijk pun disebut pulang ke Belanda dan Timnas Indonesia pun mulai jarang memakai jasanya.

2. Tonnie Harry Cusell Lilipaly

Tonnie Harry Cusell Lilipaly dinaturalisasi pada 2012 silam. Namun, ia justru gagal bersinar bersama Timnas Indonesia, padahal sudah sangat dipercaya untuk tampil di Piala AFF 2012.

Saudara sepupu Stefano Lilipaly itu lantas dikabarkan mengalami penurunan karier meski sempat bermain untuk Barito Putera.

1. Jhonny van Beukering

Jhonny van Beukering

Pemain asal Belanda ini dinaturalisasi untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2012. Namun sayang, karier Johnny van Beukering langsung merosot usai membela skuad Garuda.

Van Beukering bahkan sempat tersandung kasus kriminal karena memiliki 600 pohon ganja yang tertanam di salah satu rumahnya di Arnhem. Kini, ia pun dikabarkan berprofesi sebagai satpam sebuah klub malam di Belanda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini