Share

Permohonan Naturalisasi Dibacakan di Sidang Paripurna DPR, Jordi Amat dan Sandy Walsh Selangkah Lagi Bela Timnas Indonesia

Felldy Utama, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 51 2621135 permohonan-naturalisasi-dibacakan-di-paripurna-dpr-jordi-amat-dan-sandy-walsh-selangkah-lagi-bela-timnas-indonesia-rCH4oiWLRW.jpg Permohonan naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat dibacakan di Sidang Paripurna DPR RI. (Foto: Instagram/jordiamat5)

JAKARTA - Dua pemain keturunan Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh selangkah lagi bisa membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Sebab proses naturalisasi kedua pemain terus berlangsung, terbaru bahkan permohonan naturalisasi sudah dibacakan dalam sidang Paripurna DPR RI pada hari ini, Kamis (30/6/2022).

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan bahwa pimpinan DPR pada tanggal 17 Juni 2022, menerima Surpres (Surat Presiden) ihwal permohonan kewarganegaraan Indonesia atas nama Jordi Amat.

โ€œNomor surat R26 tanggal 17 Juni 2022 perihal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan republik Indonesia atas nama saudara Jordi Amat Maas,โ€ kata Dasco dalam rapat paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Jordi Amat

Dasco melanjutkan bahwa DPR juga menerima Surpres permohonan kewarganegaraan Indonesia atas nama Sandy Walsh.

โ€œ(Surat) nomor R27 tanggal 17 Juni perihal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan republik indonesia atas saudara Sandy Walsh,โ€ ujarnya.

Untuk diketahui, PSSI menyatakan bahwa dua pesepakbola keturunan Indonesia, yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah menuntaskan beberapa syarat yang menjadi kelengkapan untuk proses naturalisasi menjadi WNI selama mereka berada di Tanah Air.

โ€œSemua rangkaian kegiatan yang dilakukan berkaitan dengan proses naturalisasi Jordi dan Sandy alhamdulillah berjalan lancar. Kami sudah mendapatkan dokumen-dokumen resmi yang dibutuhkan. Laporannya baik dan semoga bisa diproses lebih lanjut,โ€ ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dikutip dari laman PSSI di Jakarta pada Mei lalu.

Sandy Walsh

Menarik tentunya melihat adanya kelanjutan proses naturalisasi dua pemain keturunan Indonesia. Hanya saja, kini masalah naturalisasi Jordi Amat ditentang sejumlah pendukung Timnas Indonesia.

Lantaran Jordi Amat tiba-tiba mengumumkan bergabung ke klub Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT). Bagi sebagian pendukung, Jordi memanfaatkan proses naturalisasi agar bisa bermain untuk JDT dengan memakai kuota pemain Asia Tenggara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini