Share

Exco PSSI Ungkap Penyebab Pemain Keturunan Ivar Jenner Tidak Ikut TC Timnas Indonesia U-19 Jelang Piala AFF U-19 2022

Rio Eristiawan, MNC Portal · Minggu 26 Juni 2022 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 26 51 2618432 exco-pssi-ungkap-penyebab-pemain-keturunan-ivar-jenner-tidak-ikut-tc-timnas-indonesia-u-19-jelang-piala-aff-u-19-2022-U7aRCQLA1M.jpg Penyebab pemain keturunan Ivar Jenner tak ikut TC Timnas Indonesia U-19 (Foto: Instagram/@ivarjnr)

PENYEBAB pemain keturunan Ivar Jenner tidak ikut pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 jelang Piala AFF U-19 2022 akan dibahas dalam artikel ini. Hal itu, diungkapkan langsung oleh anggota Eksekutif (Exco) PSSI, Hamdan Hamedan.

Hamdan Hamedan memberikan penjelasan mengenai Ivar Jenner yang tak bisa mengikuti TC Timnas Indonesia U-19. Ia mengatakan pemain keturunan Indonesia-Belanda itu absen karena sedang melakukan persiapan dengan klubnya, FC Utrecht.

Ivan Jenner

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-19 sedang melakukan TC di Jakarta sejak 21 Juni 2022. Hal tersebut dilakukan untuk mempersiapkan diri sebelum tampil di Piala AFF U-19 2022, yang berlangsung mulai 2-15 Juli 2022 mendatang.

Semenatar pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong telah memanggil 30 pemain untuk mengikuti TC. Pelatih asal Korea Selatan itu pun turut memanggil tiga pemain keturunan, yakni Jim Roberto Croque, Kai Boham dan Max Christoffel.

Namun, Ivar Jenner yang seharusnya mengikuti pemusatan latihan tersebut harus absen. Hamdan Hamedan pun memberikan alasan pemain berusia 18 tahun itu tidak mengikuti TC.

Hamdan Hamedan mengatakan Ivar Jenner ingin mengikuti TC besarama ketiga pemain keturunan lainnya. Namun, Ivar Jenner harus absen akibat mengikuti pra musim bersama FC Utrecht untuk mempersiapkan diri tampil musim depan.

"Ivan (Jenner) sebetulnya ingin ikut trial, tapi dia sedang berhalangan karena harus mengikuti pre-season training dengan klubnya," kata Hamdan Hamedan.

Lebih lanjut, Hamdan Hamedan menjelaskan Ivar Jenner kemungkinan baru bisa bergabung dengan Timnas Indonesia U-19 pada September 2022. Meski begitu, ia meminta semua pihak untuk menantikan penampilan Ivar Jenner.

"Ada kemungkinan Ivar Jenner bisa ikut trial atau sejenisnya di bulan September. Kita lihat saja nanti," lanjutnya.

Ivan Jenner memang menjadi salah satu pemain yang diinginkan oleh Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19. Ia masuk dalam kriteria dan diproyeksikan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023.

TC Timnas Indonesia U-19

(TC Timnas Indonesia U-19 di Jakarta)

Pada dua bulan lalu, Hasani Abdulgani dan Hamdan Hamedan telah menemui Ivar Jenner di Belanda. Keduanya telah melaporkan pemain yang memiliki keturunan Jember, Jawa Timur itu sudah sepakat membela Timnas Indonesia.

Namun, Exco PSSI untuk saat ini memprioritaskan naturalisasi pemain untuk Timnas Indonesia senior. Mereka pun akan memproses pemain mudah, ketika proses naturalisasi Timnas Indonesia senior rampung.

"Mereka berdua (Ivar Jenner dan Jim Croque) sudah oke. Namun, saat ini kami masih memprioritaskan naturalisasi pemain untuk timnas senior. Kalau semua sudah beres, baru kami mulai memproses naturalisasi mereka,” ujar Hasani Abdulgani.

Sekdar diketahui, Ivar Jenner lahir di Belanda pada 10 Januari 2004. Ia memiliki darah keturunan Indonesia dari ayahnya yang memiliki nenek di Jember, Jawa Timur.

Pemain yang menempati posisi gelandang serang itu pernah menimba ilmu di akademi Ajax Amsterdam. Saat ini, Ivar Jenner memilih tergabung dengan FC Utrecht.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini