Share

Timnas Malaysia Dipuji Habis-habisan FIFA, Netizen Indonesia Kepanasan

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 51 2617326 timnas-malaysia-dipuji-habis-habisan-fifa-netizen-indonesia-kepanasan-WKIc70KU9i.jpg Timnas Malaysia mendapat pujian dari FIFA. (Foto: Twitter/@FAM_Malaysia)

TIMNAS Malaysia dipuji habis-habisan oleh FIFA setelah naik 7 posisi di ranking FIFA terbaru. Akun Instagram FIFA untuk Piala Dunia 2022, @fifaworldcup, mengunggah daftar negara yang mengalami peningkatan posisi paling tajam dalam ranking terbaru yang mereka keluarkan.

Tercatat ada empat negara yang peningkatannya paling fantastis. Sebut saja Yunani yang naik tujuh posisi (dari 55 ke 48), Malaysia tujuh posisi (dari 154 ke 147), Kuba 10 posisi (dari 177 ke 167) dan Kazakhstan 11 posisi (dari 125 ke 114).

Timnas Malaysia

(Timnas Malaysia mendapat apresiasi dari FIFA)

Fakta di atas kemudian diunggah ulang akun TikTok asal Malaysia, @syamir_. Akun ini menulis caption: ‘Negeri Jiran Bisa Apa?’, seakan menunjukan bahwa Timnas Malaysia mulai dipandang persepakbolaan dunia.

Hanya saja, netizen asal Indonesia kepanasan. Mereka tak seakan tidak terima dengan fakta di atas dan justru menjelek-jelekkan Timnas Malaysia.

“Janji enggak 4-1,” tulis akun Edwin, membahas kekalahan telak 1-4 Malaysia dari Timnas Indonesia di matchday pamungkas Grup B Piala AFF 2020.

“Indonesia juga bisa (seperti Malaysia) kalau lawannya tim yang rankingnya di bawah. Indonesia pasti naik drastis, tapi buktiin nanti di Piala Asia 2023,” sambung akun @uklukr.

“Minimal akun federasinya centang biru,” tulis akun Counter Gondrong, yang menyebut akun Instagram Federasi Sepakbola Malaysia, @famalaysia, belum centang biru layaknya @pssi.

Timnas Malaysia

Meski begitu, prestasi Timnas Malaysia di bawah asuhan Kim Pan-gon memang layak mendapatkan apresiasi. Semenjak ditangani Kim Pan-gon, Malaysia akrab dengan kemenangan.

Terbukti dari Mei-Juni 2022, Timnas Malaysia memenangkan empat laga dari lima pertandingan (tiga Kualfifikasi Piala Asia 2023 dan dua uji coba) yang dimainkan. Benar, semua laga digelar di kandang sendiri. Namun, bermain di kandang sendiri terkadang menjadi beban dan itu terbukti terlihat ketika Kuwait dikalahkan Timnas Indonesia meski mereka mentas sebagai tuan rumah.

Alhasil, Timnas Malaysia pun lolos ke Piala Asia 2023 setelah finis sebagai runner-up Grup E Kualifikasi. Ini merupakan yang pertama Malaysia lolos ke Piala Asia dalam 42 tahun terakhir (lewat jalur kualifikasi).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini