Share

Iri Lihat Timnas Indonesia Naik 20 Posisi di Ranking FIFA, Thailand Segera Rekrut Pelatih asal Korea Selatan

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 51 2615534 iri-lihat-timnas-indonesia-naik-20-posisi-di-ranking-fifa-thailand-segera-rekrut-pelatih-asal-korea-selatan-sniknO1yjk.jpg Posisi Alexandre Polking sebagai pelatih Thailand diusik juru taktik asal Korea Selatan. (Foto: Twitter/@Changsuek_TH)

TIM Nasional (Timnas) Thailand dikabarkan sedang mencari pelatih asal Korea Selatan untuk menjabat sebagai pelatih kepala. Disinyalir, Thailand iri dengan keberhasilan Timnas Indonesia yang naik 20 posisi di ranking FIFA hanya dalam sembilan bulan terakhir di bawah kendali juru taktik asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan memang sedang naik daun di persepakbolaan Asia Tenggara saat ini. Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong menunjukan taringnya setelah memastikan lolos ke Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong pelan-pelan dongkrak prestasi Timnas Indonesia)

Timnas Indonesia bukan satu-satunya tim dari Asia Tenggara yang menggunakan jasa pelatih asal Negeri Ginseng. Salah satu contoh baik lainnya adalah Vietnam yang sukses bersaing di Kualifikasi Piala Dunia 2022 hingga putaran ketiga di bawah asuhan Park Hang-seo.

Park Hang-seo bisa dibilang magnet awal tim-tim Asia Tenggara kepincut menggunakan jasa pelatih asal Korea Selatan. Park Hang-seo sukses besar bersama Timnas Vietnam.

Di level U-23, Park Hang-seo membawa sang tim lolos ke final Piala Asia U-23 2018, menembus semifinal Asian Games 2018 dan dua kali merebut emas SEA Games (2019 dan 2021). Sementara itu di level senior, Park Hang-seo mengantarkan sang tim kampiun Piala AFF 2018 dan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Tidak sampai di situ, Timnas Malaysia juga telah merekrut Kim Pan-gon sebagai pelatih kepala tim mereka. Hasilnya, Malaysia dibawa lolos ke Piala Asia 2023, meski Kim Pan-gon belum genap enam bulan menjabat. Tentu saja fakta ini menunjukan pelatih asal Korea Selatan sangat mendominasi di Asia Tenggara.

Pelatih Timnas Thailand saat ini, Alexandre Polking, memang mampu membuat skuad Gajah Perang menjadi tim terkuat di Asia Tenggara. Namun, ia dinilai belum cukup mumpuni karena belum sanggup membawaa Thailand menembus 100 besar ranking FIFA.

Alexandre Polking

(Masa depan Alexandre Polking bersama Thailand mulai abu-abu)

Dilansir dari The Thao 247, Selasa (21/6/2022), Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) sedang mencari sosok yang tepat untuk menggantikan Alexandre Polking. Pelatih asal Korea Selatan disebut menjadi salah satu kandidat terkuat untuk mendapatkan posisi tersebut.

Sosok itu adalah Yoon Deok-yeo yang kini disebut-sebut bakal menjadi penerus Alexandre Polking. Deok-yeo sendiri memiliki prestasi yang cukup baik dengan membawa Timnas Putri Korea Selatan ke ke Piala Dunia Wanita 2015 dan 2019.

FAT dan Polking saat ini telah melakukan pertemuan untuk mendiskusikan kesepakatan. Namun, saat ditanya soal masa depannya, pelatih kewarganegaraan Jerman-Brasil itu menegaskan ingin fokus membawa Thailand juara Piala AFF 2022.

"Ini adalah pertemuan yang sangat penting dan semuanya berjalan dengan sangat baik. Kami akan mempersiapkan kekuatan terbaik untuk dapat menyelesaikan tujuan mempertahankan gelar Piala AFF," ujar Polking.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini