Share

Shin Tae-yong dan Kim Pan-gon Sukses Antar Timnas Indonesia serta Timnas Malaysia Lolos Piala Asia 2023, Park Hang-seo Beri Pujian

Maulana Yusuf, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 51 2614882 shin-tae-yong-dan-kim-pan-gon-sukses-antar-timnas-indonesia-serta-timnas-malaysia-lolos-piala-asia-2023-park-hang-seo-beri-pujian-jv3WNGu9Rg.jpg Shin Tae-yong dapat pujian dari pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo. (Foto: Instagram/shintaeyong7777)

HANOI - Park Hang-seo terkesima dengan apa yang sudah dilakukan Shin Tae-yong bersama Tim Nasional (Timnas) Indonesia serta Kim Pan-gon dalam melatih Timnas Malaysia hingga mampu membawa kedua tim tersebut lolos ke Piala Asia 2023. Pelatih Timnas Vietnam itu lantas memberikan pujian kepada kedua pelatih yang sama-sama dari Korea Selatan tersebut.

"Keduanya ahli strategi yang hebat. Shin Tae-yong melakukan pekerjaan dengan baik di Indonesia dan Kim Pan-gon juga memiliki hasil yang positif meskipun baru menjabat," papar Park Hang-seo, dilansir dari Zing News, Senin (20/6/2022).

Seperti diketahui, Shin Tae-yong dan Kim Pan-gon sama-sama sukses membawa timnya melaju ke putaran final Piala Asia 2023. Bahkan, kedua pria asal Korea Selatan itu mencatatkan sejarah di masing-masing negaranya yang telah lama puasa di ajang tersebut.

Park Hang-seo

Pertama, Shin Tae-yong telah membawa Timnas Indonesia berhasil melenggang ke putaran final Piala Asia 2023. Garuda -julukan Timnas Indonesia - menjadi runner-up Grup A dan masuk dalam salah satu dari lima runner-up terbaik yang berhak mendapat tiket ke putaran final.

Garuda memastikan tiket tersebut usai membantai Nepal 7-0 dalam laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Pertandingan tersebut berlangsung di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait, Rabu 15 Juni 2022 pukul 02.15.

Dengan demikian, langkah ini menjadi catatan bersejarah mengingat Timnas Indonesia kembali ke kompetisi tertinggi antar negara di Asia itu setelah puasa selama 16 tahun. Di mana, lolosnya tim asuhan Shin Tae-yong ini merupakan pertama kali sejak terakhir kali terjadi pada 2007 silam.

Saat itu, Garuda berstatus sebagai tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Hal serupa juga dialami oleh rival bubuyutan Timnas Indonesia, yakni Timnas Malaysia.

Tim Harimau Malaya -julukan Timnas Malaysia- di bawah asuhan Kim Pan-gon juga membuat catatan sejarah setelah lolos ke putaran final piala Asia 2023. Pasalnya, Malaysia juga sebelumnya mengalami hal yang sama dengan Indonesia yang absen dalam beberapa tahun ke belakang.

Kim Pan-gon (FAM)

Timnas Malaysia memastikan tiket ke putaran final usai membantai Bangladesh 4-1 di Grup E. Mereka pun menjadi salah satu runner-up terbaik yang berhak mendapatkan tiket ke putaran final.

Sebab itu, Park Hang-seo memuji kedua rekannya asal Korea Selatan itu. Menurutnya, baik Shin Tae-yong maupun Kim Pan-gon merupakan pelatih yang memiliki strategi yang jitu. Mereka pun melakukan tugasnya dengan baik di timnya masing-masing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini