Share

Drawing Piala Asia 2023: Potensi Gabung Grup Maut, Timnas Indonesia Bisa Segrup dengan Jepang hingga Vietnam

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 51 2614813 drawing-piala-asia-2023-potensi-gabung-grup-maut-timnas-indonesia-bisa-segrup-dengan-jepang-hingga-vietnam-8DX3sMmAC8.jpg Timnas Indonesia berpotensi masuk grup neraka di Piala Asia 2023. (Foto: PSSI)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia berpotensi berada di grup neraka pada Piala Asia 2023 nanti. Pasalnya skuad Garuda berada di pot 4 pada saat drawing nanti, yang membuka kemungkinan mereka bisa saja melawan tim-tim besar seperti Jepang hingga Vietnam.

Ya, Timnas Indonesia berada di pot 4 berdasarkan update ranking FIFA terbaru yang dikeluarkan laman resmi Football Ranking. Timnas Indonesia berada di pot 4 karena berdasarkan ranking FIFA, tim asuhan Shin Tae-yong itu merupakan tim paling rendah, yakni peringkat 155.

Piala Asia 2023 sendiri akan terbagi menjadi enam grup yang berisikan empat tim. Jadi, Timnas Indonesia akan satu grup dengan salah satu dari pot 1, pot 2, dan pot 3.

Fakta menarik Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023

Nantinya Timnas Indonesia berada di pot 4 bersama Thailand, Malaysia, Hong Kong, Tajikistan, dan India. Para penghuni pot 4 merupakan tim-tim dengan ranking FIFA paling rendah di antara 24 tim yang lolos ke Piala Asia 2023.

Karena berada di pot 4 itulah, Timnas Indonesia akan melawan tim-tim dari pot 3, pot 2, dan pot 1 yang tentunya berisi tim-tim kuat. Sebagai informasi, pot 1 berisikan Jepang, Korea Selatan, Australia, Arab Saudi, dan Qatar.

Sementara pot 2 akan diisi tim-tim yang tak kalah kuat seperti Uni Emirat Arab (UEA), Irak, Oman, China, Uzbekistan, dan Suriah. Lalu di pot 3 ada Bahrain, Yordania, Kirgizstan, Vietnam, Palestina, dan Lebanon.

Bila melihat lawan-lawan dari pot 1, pot 2, dan pot 3, maka tak ada lawan yang mudah untuk dikalahkan oleh Timnas Indonesia. Kendati demikian, para pemain dan sang pelatih, Shin Tae-yong tidak gentar menghadapi tim-tim kuat tersebut.

Pasalnya Timnas Indonesia sedang dalam semangat yang luar biasa menyambut Piala Asia 2023. Apalagi sudah 16 tahun lamanya Timnas Indonesia tak tampil di turnamen sepakbola terbesar di Asia tersebut.

Dengan semangat yang menggebu, serta kekuatan Timnas Indonesia yang diprediksi semakin kuat saat turnamen berlangsung, maka tidak salah memmpercayai skuad Garuda bisa tampil baik di fase grup Piala Asia 2023 nanti.

Timnas Indonesia

Shin Tae-yong pun berjanji akan membuat Timnas Indonesia semakin kuat dan siap dalam menyambut Piala Asia 2023. Dengan adanya jeda waktu satu tahun untuk melakukan persiapan dan bertambahnya kekuatan dari para pemain naturalisasi, Shin Tae-yong percaya Timnas Indonesia bisa berbicara banyak di Piala Asia 2023.

โ€œDengan keberhasilan lolos kualifikasi kali ini, kami akan melangkah lebih jauh dan menjadi tim yang lebih kuat. Kami akan siap untuk menunjukkan kekuatan kami tahun depan di kompetisi ini,โ€ kata Shin Tae-yong saat konferensi pers pascalaga Timnas Indonesia vs Nepal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini