Share

Lolos ke Piala Asia 2023, Timnas Malaysia Diguyur Bonus

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Kamis 16 Juni 2022 11:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 51 2612564 lolos-ke-piala-asia-2023-timnas-malaysia-diguyur-bonus-cIzlJd1qhX.jpg Timnas Malaysia lolos ke Piala Asia 2023. (Foto: Instagram/@famalaysia)

KUALA LUMPUR Timnas Malaysia sukses mengamankan tiket ke Piala Asia 2023. Kesuksesan ini pun berbuah manis karena pemerintah Malaysia siap memberikan guyuran bonus kepada anak asuh Kim Pan-gon.

Malaysia mengakhiri Kualifikasi Piala Asia 2023 sebagai salah satu dari lima runner-up terbaik. Kepastian tersebut didapat usai Dion Cools dan kolega menggasak Bangladesh dengan skor 4-1 di laga pamungkas.

Timnas Malaysia lolos ke Piala Asia 2023

Kelolosan Malaysia ke Piala Asia 2023 menghapus penantian panjang mereka berlaga di turnamen elite Asia itu. Sebab, Timnas Malaysia terakhir kali tampil di Piala Asia pada 2007. Namun kala itu, mereka tidak lolos melalui jalur kualifikasi karena berstatus sebagai tuan rumah.

BACA JUGA: 5 Tim Langganan Piala Dunia Calon Lawan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Nomor 1 Punya Ikatan dengan Shin Tae-yong

Untuk lolos melalui jalur kualifikasi, Timnas Malaysia meraihnya pada 42 tahun lalu. Tepatnya, hal itu terjadi di gelaran Piala Asia 1980. Kala itu, Malaysia finis sebagai pemuncak klasemen Grup 4 Kualifikasi, mengangkangi Thailand, Korea Selatan, Indonesia, dan Vietnam Selatan.

BACA JUGA: Pelatih Timnas Kuwait Resmi Mundur Usai Kalah dari Timnas Indonesia dan Gagal Lolos ke Piala Asia 2023

Kini, karena sudah mengukir prestasi apik dengan lolos ke Piala Asia 2023, para penggawa Harimau Malaya -julukan Timnas Malaysia- dijanjikan bonus oleh pemerintah Malaysia. Terkait rincian jumlahnya, Perdana Menteri (PM) Malaysia, Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob, mengatakan pihaknya akan berdiskusi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Malaysia dan Federasi Sepakbola Malaysia (FAM).

“Insya Allah saya akan membicarakan masalah ini dengan Menpora Datuk Seri Ahmad Faizal Azumu, dan juga akan berdiskusi dengan FAM, soal bonus atas kontribusi mereka, kami akan membahasnya lebih lanjut,” kata PM Ismail Sabri dilansir Berita Harian, Kamis (16/6/2022).

Lebih lanjut, PM Ismail Sabri mengingatkan pemain Timnas Malaysia agar tidak cepat puas. Menurutnya, ujian sebenarnya sepakbola Malaysia adalah ketika Piala Asia 2023.

Oleh sebab itu, PM Ismail Sabri ingin Timnas Malaysia tidak sekadar memeriahkan kompetisi. Dirinya ingin Timnas Malaysia mendulang hasil manis di kompetisi paling prestisius di Asia tersebut.

Kim Pan-gon

“Ini baru ujian pertama yang kita lewati, ujian sebenarnya adalah di Piala Asia nanti, untuk mendapat tempat terbaik di kompetisi,” lanjutnya.

“Semoga semangat juang ini dapat terus dilanjutkan untuk mengembalikan nama Malaysia di akncah internasional, khususnya di Asia,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini