Share

Timnas Indonesia U-19 Dapat Banyak Hal Positif dari Toulon Cup 2022, Dzenan Radoncic: Pelajaran Jadi Pemain Besar

Quadiliba Al-Farabi, MNC Media · Kamis 09 Juni 2022 09:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 51 2608331 timnas-indonesia-u-19-dapat-banyak-hal-positif-dari-toulon-cup-2022-dzenan-radoncic-pelajaran-jadi-pemain-besar-R8w7meWaAd.jpg Para pemain Timnas Indonesia U-19. (Foto: Laman resmi Toulon Cup 2022)

ARLES – Pelatih Timnas Indonesia U-19, Dzenan Radoncic, menilai ada banyak hal positif yang didapat oleh pemain dari berlagga di Toulon Cup 2022. Baginya, pengalaman bermain di sana menjadi pelajaran bagi para penggawa Timnas Indonesia U-19 untuk menjadi pemain besar.

Seperti diketahui, skuad Garuda Nusantara -juukan Timnas Indonesia U-19- sudah mengikuti turnamen Toulon Cup 2022 dari 29 Mei 2022. Mereka tergabung satu grup bersama Meksiko U-23, Venezuela U-21, dan Ghana U-20.

Pemain Timnas Indonesia U-19

Klasemen akhir menunjukkan, Ronaldo Kwateh dkk finis di peringkat ketiga Grup B. Mereka meraih 3 poin dari 3 laga yang digelar. Dengan begitu, Timnas Indonesia U-19 tak bisa melaju ke babak semifinal.

BACA JUGA: Kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait di Luar Ekspektasi, Shin Tae-yong Sebut Level Sepakbola Tanah Air Terus Berkembang

Timnas Indonesia U-19 dari segi peringkat keseluruhan di turnamen Toulon Cup 2022 pun finis di posisi kesepuluh. Sebab di laga terakhir melawan Timnas Aljazair U-23 untuk memperebutkan peringkat sembilan, mereka kalah lewat drama adu penalti 5-4 (1-1).

BACA JUGA: Hasil Timnas Indonesia U-19 vs Timnas Aljazair U-23 di Toulon Cup 2022: Kalah Adu Penalti, Ronaldo Kwateh Dkk Gagal Rebut Posisi Kesembilan

Meski tersingkir lebih awal, para pemain Timnas Indonesia U-19 dapat memetik pelajaran berharga selama turnamen. Misalnya, mereka telah berpengalaman melawan pemain dari klub-klub yang lebih hebat.

“Sangat banyak sisi positif dari turnamen ini, dari sejarah turnamen ini. Ketika Anda memiliki start yang bagus di turnamen ini, tak menutup kemungkinan akan menjadi pemain-pemain besar,” ucap Radoncic setelah pertandingan melawan Aljazair.

“Ini kesempatan yang bagus, bermain dengan tim tim bagus, pemain-pemain bagus ya seperti tim Aljazair ini,” lanjutnya.

“Kita melawan Meksiko, Venezuela, Ghana yang kita tahu fisik mereka lebih besar daripada kita, lebih kuat dibanding kita, tapi kita menikmati semua pertandingannya. Saya sangat senang,” jelasnya.

Timnas Indonesia U-19

Seperti diketahui, Toulon Cup 2022 memang memiliki sejarah menciptakan pemain-pemain top dunia. Katakanlah sejumlah nama seperti Zinedine Zidane, Alan Shearer, Thierry Henry, hingga Bruno Fernandes, mereka pernah ikut ajang ini sewaktu muda.

Peraih lima kali Ballon dOr asal Portugal, Cristiano Ronaldo, juga pernah berlaga di sana. Bahkan, beberapa bulan setelah tampil di sini bersama Timnas Portugal U-19, Ronaldo langsung dilirik Manchester United.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini