Share

Penyebab Timnas Inggris Kalah dari Hungaria di UEFA Nations League 2022-2023

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Minggu 05 Juni 2022 15:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 05 51 2605958 penyebab-timnas-inggris-kalah-dari-hungaria-di-uefa-nations-league-2022-2023-9L38AsucO3.jpg Laga Timnas Inggris melawan Timnas Hungaria. (Foto: Reuters)

BUDAPEST Tim Nasional (Timnas) Inggris harus menelan pil pahit kala bersua Timnas Hungaria dalam laga pembuka Grup C UEFA Nations League 2022-2023. Kalah 0-1, Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, pun membeberkan penyebabnya.

Berlaga di Puskas Arena, Sabtu 4 Juni 2022 malam WIB, The Three Lions –julukan Inggris- kesulitan menjebol gawang Hungaria, meski tampil sangat dominan. Mereka banyak membuang peluang mencetak gol yang dihasilkan trisula mereka, Mason Mount, Harry Kane, dan Jarrod Bowen.

Timnas Inggris kalah dari Timnas Hungaria

Petaka pun datang kepada Tmnas Inggris karena wasit memberi hadiah penalti kepada Hungaria usai Reece James menjatuhkan Zsolt Nagy di kotak terlarang. Dominik Szoboszalai yang ditunjuk sebagai algojo pada menit 66 pun sukses menjalankan tugasnya dengan baik sehingga menjadi penentu kemenangan bagi negaranya.

Meski kalah di luar dugaan, Southgate mengakui Inggris memang tampil kurang baik. Namun, dia menilai hasil imbang lebih pantas untuk mengakhiri laga ini karena timnya bermain sangat dominan.

BACA JUGA: Hasil Hungaria vs Inggris di UEFA Nations League 2022-2023: The Three Lions Tumbang 0-1

Southgate juga beralasan bahwa suhu panas di Budapest menjadi salah satu penyebab kekalahan Timnas Inggris. Pasalnya, kondisi cuaca ini membuat para pemainnya lelah lebih cepat.

"Ini adalah musim yang panjang. Suhu panas menjadi faktor yang menguras banyak tenaga para pemain dan kami mencoba menyegarkan tim lebih awal dari biasanya,” kata Southgate, dilansir dari BBC, Minggu (5/6/2022).

BACA JUGA: Timnas Inggris Dipermalukan Hungaria, Gareth Southgate Ungkap Penyebab Utamanya

“Namun, keseimbangan tim pada laga ini juga diuji untuk mencari tahu tentang hal-hal baru dan konsistensi dari tim reguler. Saya punya kesempatan untuk melihat apakah saya benar atau tidak,” imbuhnya.

“Saya tidak ingin terlalu keras pada mereka. Ini adalah pertandingan yang perlu kami pelajari. Mereka sangat kecewa karena kami ingin terus memenangkan pertandingan dan jika kami ingin menjadi tim yang tepat di papan atas sepakbola, kami harus datang ke sini dan menang,” tuturnya.

Pada laga ini, The Three Lions memang turun dengan beberapa pemain yang biasanya masuk dari bangku cadangan, seperti Jude Bellingham, Conor Coady, dan Mason Mount. Selain itu, dua debutan, Jarrod Bowen dan James Justin, juga bermain dari awal laga yang tentu berpengaruh pada keseimbangan tim karena belum klop dengan pemain lainnya.

Meski begitu, para pemain tim inti, seperti Harry Kane, Declan Rice, Harry Maguire, dan Kyle Walker juga tak tampil gemilang. Alhasil, Inggris tidak bermain dengan maksimal sehingga gagal meraih kemenangan.

Timnas Inggris kalah dari Timnas Hungaria

Dengan hasil tersebut, Inggris berada di posisi juru kunci Grup C UEFA Nations League 2022-2023. Sementara Hungaria, mereka bercokol di puncak klasemen.

Selanjutnya, Jordan Pickford dan kolega akan bertandang ke markas Jerman. Jerman juga gagal meraih kemenangan di laga pembuka karena diimbang Italia dengan skor 1-1 pada Rabu 8 Juni 2022 dini hari WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini