Share

3 Alumni Toulon Cup yang Bisa Jadi Sumber Motivasi Pemain Timnas Indonesia U-19, Nomor 1 Legenda Hidup Timnas Portugal

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Minggu 29 Mei 2022 00:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 29 51 2601919 3-alumni-toulon-cup-yang-bisa-jadi-sumber-motivasi-pemain-timnas-indonesia-u-19-nomor-1-legenda-hidup-timnas-portugal-yGZGC3Vqf4.jpg 3 alumni Toulon Cup yang bisa jadi sumber motivasi pemain Timnas Indonesia U-19 (Foto: Reuters)

SEBANYAK 3 alumni Toulon Cup yang bisa jadi sumber motivasi pemain Timnas Indonesia U-19 akan dibahas pada artikel ini. Ya, seperti diketahui, Toulon Cup 2022 akan segera terlaksana, mulai 29 Mei 2022 hingga 12 Juni 2022.

Di kompetisi tahunan yang mempertemukan negara dari berbagai penjuru dunia itu, Timnas Indonesia turut ambil bagian. Di turnamen tersebut, Indonesia diwakili oleh skuad muda Timnas Indonesia U-19.

Skuad Garuda Nusantara sendiri tergabung di Grup B. Timnas Indonesia U-19 satu grup dengan Timnas Venezuela U-20, Timnas Ghana U-20, dan Timnas Meksiko U-20.

Toulon Cup sendiri bukan kompetisi yang bisa dianggap sebelah mata. Pasalnya, sejumlah bintang dunia, pernah menjajal Toulon Cup.

Lantas, siapa saja alumni Toulon Cup, yang kini sudah meniti karier sepakbola dengan baik? Berikut 3 alumni Toulon Cup yang bisa jadi sumber motivasi pemain Timnas Indonesia U-19:

3. Tammy Abraham

Tammy Abraham

Bagi penggemar sepak bola pasti tidak asing dengan nama Tammy Abraham. Ya, Tammy Abraham merupakan striker AS Roma jebolan Toulon Cup. Kemampuannya dalam mengolah bola bundar layak diacungi jempol.

Karier sepak bola Tammy Abraham mulai mencuat ketika membela Timnas Inggris U-20 di Toulon Cup 2018. Ketika itu, striker yang kini berusia 24 tahun tersebut sukses menyumbang dua gol sepanjang kompetisi.

Dirinya pun berhasil membawa Timnas Inggris U-20 juara Toulon Cup empat tahun silam. Kala itu, pasukan muda The Three Lions (julukan Timnas Inggris U-20) berhasil jadi juara usai mengandaskan Timnas Meksiko U-20 di final.

2. Thierry Henry

Thiery Henry

Sebelum melejit hingga menjadi legenda hidup Timnas Prancis, nama Thiery Henry pernah mencuat di Toulon Cup pada tahun 1997. Ketika itu, Thiery Henry muda sukses mengantarkan Prancis juara usai mengandaskan Portugal di final.

Bukan hanya itu, Thiery Henry pun berhasil menjadi top skor di turnamen itu. Ia sukses melesatkan tiga gol. Kala itu, Thiery Henry bermain bersama David Trezeguet dan William Gallas. Uniknya, satu tahun setelah Toulon Cup 1997, Thiery Henry berhasil membawa Timnas Prancis juara Piala Dunia 1998.

1. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Nama Cristiano Ronaldo sejatinya telah dikenal begitu luas di dunia sepakbola saat ini. Akan tetapi, hal itu mungkin saja tidak bisa diraihnya, jika ia tak menarik perhatian publik ketika membela Timnas Portugal U-20 di Toulon Cup 2003.

Ya, 19 tahun silam, ia dipercaya mengisi skuad Timnas Portugal U-20 di Toulon Cup. Kiprahnya pun berakhir manis. Ketika itu, Cristiano Ronaldo yang masih berusia 18 tahun sukses membawa Timnas Portugal U-20 juara usai mengandaskan Italia 3-1 di final.

Di turnamen tersebut, Cristiano Ronaldo sendiri berhasil meraih penghargaan sebagai pemain muda terbaik di final. Sejak saat itu ia mulai dilirik oleh Manchester United, hingga diboyong ke Old Trafford oleh Sir Alex Ferguson. Itu terbukti saat ini ia jadi salah satu legenda hidup Timnas Portugal.

Demikian informasi mengenai 3 alumni Toulon Cup yang bisa jadi sumber motivasi pemain Timnas Indonesia U-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini