Share

5 Pesepak Bola Top Berbakat yang Hilang Bak Ditelan Bumi, Nomor 1 Eks Wonderkid AC Milan

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 51 2598867 5-pesepak-bola-top-berbakat-yang-hilang-bak-ditelan-bumi-nomor-1-eks-wonderkid-ac-milan-aVLF3JSZ7x.jpg 5 pesepak bola top berbakat yang hilang bak ditelan bumi (Foto: Instagram/@pato)

SEBANYAK 5 pesepak bola top berbakat yang hilang bak ditelan bumi akan dibahas oleh tim Okezone di artikel ini. Ya, karier seorang pesepak bola memang tidak selalu berjaya dan bakal ada masa habisnya.

Akan tetapi, ada pula pesepak bola yang justru redup sebelum memasuki usia pensiun. Bahkan, karier pesepak bola tersebut redup bak di telan bumi. Lantas, siapa saja pesepak bola yang dimaksud?

Berikut 5 pesepak bola top berbakat yang hilang bak dietalan bumi:

5. Mancini

Mancini

Alessandro Faiolhe Amantino alias Mancini, merupakan salah satu winger mematikan Brasil. Kariernya mencuat ketika ia diboyong AS Roma dari Atletico Mineiro pada 2003.

Lima tahun di AS Roma, karier Mancini menanjak. Bersama klub ibu kota Italia itu, Mancini sudah bermain sebanyak 222 pertandingan dengan catatan 59 gol dan 26 assist. Di Giallorossi (julukan AS Roma) Mancini juga merasakan dua gelar Coppa Italia secara beruntun dan Piala Super Italia.

Bahkan, tim rival AS Roma, Inter Milan kepincut dengan kinerja Mancini. Sampai akhirnya Inter Milan membelinya pada 2008. Di Inter Milan ia sempat merasakan dua gelar Liga Italia, satu gelar Piala Super Italia, dan satu Liga Champions.

Hanya saja pada 2011 ia dituduh memperkosa seorang wanita yang ditemuinya di sebuah pesta yang digelar oleh Ronaldinho. Sejak itu hingga 2014, kariernya merosot dan pensiun di Villa Nova, klub amatir Brasil.

4. Jack Wilshere

Jack Wilshere

Kemudian, ada Jack Wilshere. Produk akademi Arsenal ini sempat tampil mengesankan hingga membuat Arsenal memboyongnya ke tim senior pada usia 18 tahun.

Ketika debut bersama Arsenal, Jack Wilshere langsung membuat banyak pengamat terkesan. Kemampuan sepak bola Jack Wilshere dinilai sangat menjanjikan. Ia pun diyakini bakal menjadi legenda di Arsenal ataupun Timnas Inggris.

Akan tetapi perjalanan karier Wilshere sebagai pesepak bola profesional penuh cobaan. Cedera menjadi salah satu musuh terbesar dalam perjalanan karier Jack Wilshere. Nasib sial pun menimpa pemain berdarah Inggris ini.

Sempat membela klub Inggris lainnya, AFC Bournemouth, Jack Wilshere pun terbuang. Ia diketaui baru saja bergabung dengan klub Denmark, Aarhus GF pada Februari 2022.

3. Yoann Gourcuff

Yoann Gourcuff

Perjalanan karier Yoann Gourcuff sudah tampak redup ketika ia diboyong AC Milan dari Stade Rennais pada 2006. Saat itu, usia Yoann Gourcuff masih 20 tahun. Hal itu membuat ekspetasi publik tinggi terhadap kariernya.

Apalagi, ia sudah bermain untuk AC Milan di usia belia. Hanya saja, kariernya redup bersama AC Milan, hingga Rossoneri (julukan AC Milan) melepasnya ke Girondins Bordeaux. Kembali tampil di Liga Prancis bersama Bordeaux, Yoann Gourcuff mampu memperbaiki perjalanan kariernya.

Ia sempat direkrut oleh Olympique Lyon dengan mahar sebesar 22 juta euro atau sekira Rp312 miliar. Tapi Yoann Gourcuff kembali gagal memberikan performa impresif bersama Lyon.

Kini Yoann Gourcuff diketahui gantung sepatu di usia ke-35 tahun. Klub yang ia bela terakhir adalah Dijon FCO, yang berlaga di Liga 2 Prancis pada 2019.

2. Federico Macheda

Federico Macheda

Karier Federico Macheda terbilang unik. Ya, dia merupakan kelahiran Roma, Italia, namun lama bermain di Liga Inggris.

Federico Macheda sendiri merupakan produk akademi Lazio. Namun, pada 2007 Manchester United terpincut kemolekannya mengolah si kulit bundar.

Memilih hijrah ke Manchester United di usia 16 tahun membuatnya harus banyak beradaptasi di Inggirs. Federico Macheda pun tampak berkembang dengan baik.

Namanya jadi pembicaraan publik pada Liga Inggris 2008-2009. Ketika itu ia membantu Setan Merah juara Liga Inggris.

Akan tetapi momen indahnya hanya sampai di situ. Pasalnya setelah itu, performa Federico Macheda justru mengalami penurunan.

Bahkan ia beberapa kali dipinjamkan oleh Manchester United hingga akhirnya dilepas secara permanen ke Cardiff City pada 2014 secara gratis. Saat ini Federico Macheda sendiri tengah berkarier di Liga Yunani bersama Panathinaikos setelah diboyong dari Novara.

1. Alexandre Pato

Alexandre Pato

Di urutan pertama, ada Alexandre Pato. Ya, nama ini mencuat di tahun 2007-an. Ketika itu Alexandre Pato digadang-gadang sebagai pemain muda potensial.

Bahkan, skill individunya menarik perhatian klub raksasa Italia, AC Milan. Ketika itu, Alexandre Pato diboyong dari klub Brasil, Internacional pada 2007 oleh AC Milan.

Selama enam tahun di AC Milan, Alexandre Pato berkontribusi membawa Rossoneri (julukan AC Milan) juara Liga Italia 2010-2011 dan Piala Super Italia 2011-2012. Namun, pada awal musim 2012-2013, Alexandre Pato dilego AC Milan ke Corinthians.

Semenjak itu, karier Alexandre Pato meredup. Ia pun melanglang buana ke sejumlah klub Eropa dan China. Di antaranya Chelsea, Villarreal dan Tj Quainjian. Hanya saja, kariernya tak berjalan mulus hingga saat ini bermain untuk klub Amerika Serikat Orlando City di usia 32 tahun, umur yang cukup produktif sebagai pemain sepakbola.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini