Share

3 Pelatih Asing di Liga 1 yang Bisa Geser Shin Tae-yong dari Posisi Pelatih Timnas Indonesia, Nomor 1 Jaminan Juara

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 21 Mei 2022 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 21 51 2597976 3-pelatih-asing-di-liga-1-yang-bisa-geser-shin-tae-yong-dari-posisi-pelatih-timnas-indonesia-nomor-1-jaminan-juara-NJPm3PB7BN.jpg Berikut 3 pelatih asing di Liga 1 yang bisa geser Shin Tae-yong dari posisi pelatih Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

SEBANYAK 3 pelatih asing di Liga 1 yang bisa geser Shin Tae-yong dari posisi pelatih Timnas Indonesia akan dibahas dalam artikel ini. Setelah gagal membawa Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF 2020 dan SEA Games 2021, babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung pada 8-14 Juni 2022 disinyalir jadi ajang penentu Shin Tae-yong.

Jika gagal membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023, masa depan Shin Tae-yong semakin menjadi pertanyaan. Jika nantinya Shin Tae-yong tak lagi menangani Timnas Indonesia, sederet pelatih asing di Liga 1 layak membesut skuad Garuda menjadi suksesor juru taktik asal Korea Selatan tersebut. Lantas, siapa saja pelatih yang dimaksud?

Berikut 3 pelatih asing di Liga 1 yang bisa geser Shin Tae-yong dari posisi pelatih Timnas Indonesia:

3. Robert Rene Alberts (Persib Bandung)

Robert Rene Alberts

Lebih dari satu dekade Robert Rene Alberts menangani sejumlah klub Tanah Air seperti Arema FC, PSM Makassar hingga Persib Bandung. Pencapaian terbaik Robert Alberts ialah mengantarkan Arema FC juara Liga Indonesia 2009-2010.

Musim lalu, ia membawa Persib Bandung finis runner-up di Liga 1 2021-2022. Pengalaman hampir empat dekade menjadi pelatih membuat Robert Alberts layak diperhitungkan sebagai pelatih Timnas Indonesia selanjutnya.

2. Thomas Doll (Persija Jakarta)

Thomas Doll

Thomas Doll memang belum membesut Persija Jakarta. Namun, pengalaman membesut tim-tim top seperti Hamburg SV dan Borussia Dortmund membuat Thomas Doll layak diperhitungkan.

Terlebih, penunjukan pelatih asal Jerman sedang masif-masifnya saat ini. Sejumlah tim Eropa bersinar di bawah pelatih asal Jerman seperti Liverpool (Jurgen Klopp) dan Chelsea (Thomas Tuchel).

1. Stefano Cugurra Teco (Bali United)

Stefano Cugurra Teco

Pelatih yang satu ini bisa dibilang jaminan juara. Stefano Cugurra Teco menjadi pelatih pertama yang membawa sang klub juara Liga Indonesia tiga musim beruntun.

Setelah membawa Persija Jakarta juara Liga 1 2018, juru taktik asal Brasil ini mengantarkan Bali United back to back juara pada 2019 dan 2021-2022. Fakta ini menunjukan Stefano Cugurra Teco dapat menangani pemain lokal secara baik dan benar.

Paham karakter pemain lokal, plus memanfaatkan kualitas pemain-pemain yang berkarier di luar negeri, Timnas Indonesia bisa menjadi tim yang disegani di bawah arahan eks asisten pelatih Jacksen F Tiago di Persebaya Surabaya ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini