Share

Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia U-23 Rugi Besar Tidak Diperkuat Pratama Arhan di SEA Games 2021

Tino Satrio, Jurnalis · Selasa 03 Mei 2022 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 03 51 2588866 media-vietnam-sebut-timnas-indonesia-u-23-rugi-besar-tidak-diperkuat-pratama-arhan-di-sea-games-2021-HegC4xpp4R.jpg Media Vietnam sebut Timnas Indonesia U-23 dalam kerugian besar tanpa Pratama Arhan di SEA Games 2021 (Foto: PSSI)

MEDIA Vietnam, The Thao 247 menyoroti 20 nama pemain yang dibawah Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Lebih lanjut, dalam laporannya, The Thao 247 mengatakan Garuda Muda dalam kerugian besar tidak membawa Pratama Arhan terbang ke Hanoi, Vietnam.

Ya, Pratama Arhan memang resmi tidak ikut serta di SEA Games 2021. Itu dikarenakana klubnya Tokyo Verdy tidak beri izin untuk perkuat Garuda Muda. Sebab demikian, Shin Tae-yong tengah menyiapkan pemain untuk menambal Pratama Arhan.

Timnas Indonesia U-23

Asnawi Mangkualam sendiri diproyeksikan untuk bisa menjaga pintu pertahanan Garuda Muda ketika berlaga di Hanoi nanti. Kehilangan Pratama Arhan pun dianggap menjadi sebuah kerugian besar yang didapat Shin Tae-yong.

The Thao 247 sendiri menyoroti permainan eks bintang PSIS Semarang itu di Piala AFF 2020. Ketika itu Pratama Arhan dengan apik mengawal sektor kiri Garuda Muda.

Aksinya yang ngotot dalam membantu pertahanan dan cemerlang ketika membantu serangan tentu saja menjadi sorotan. Penampilan gemilangnya itu membuat Arhan dinobatkan menjadi pemain muda terbaik di Piala AFF 2020.

"Ini merupakan kerugian terbesar (tidak diperkuat Arhan) untuk tim sepak bola (Indonesia) jelang memasuki SEA Games ke-31," dikutip dari tulisan The Thao 247, Selasa (3/5/2022).

Namun pecinta sepak bola Tanah Air tidak perlu khawatir meski sang wonderkid tak ikut serta. Shin Tae-yong tentunya sudah memiliki amunisi pengganti yang bisa memperkuat sektor kiri pertahanan Skuad Garuda, seperti dua penggawa Persija, Firza Andika dan Ilham Rio Fahmi.

Kedua nama ini sering dipercaya Shin Tae-yong dalam setiap uji cobanya kala melakoni pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan, pertengahan April kemarin. Mereka secara bergantian masuk untuk menggantikan tempat Pratama Arhan.

Pada uji coba pertama menghadapi Andong Science College, Firza diplot sebagai starter. Dia didapuk sebagai bek kiri, dalam formasi 4-2-3-1, bersama Bagas Kaffa, Fachrudin Aryanto, dan Rizky Ridho.

Pratama Arhan

Racikan ini belum begitu sempurna, meski Garuda Muda menang 4-2. Kecolongan dua gol oleh kesebelasan Universitas perlu disoroti. Kemudian, pada laga uji coba kedua, Ilham Rio Fahmi dicoba untuk menggantikan tempat Firza sebelumnya.

Lagi-lagi, barisan pertahanan tim Merah-Putih kecolongan dua gol hingga harus pasrah kalah 0-2 dari Pohang Steelers. Kemudian kekhawatiran muncul saat kalah di uji coba terakhir melawan Daejon Citizen dengan skor 2-3.

Pada pertandingan itu, Shin Tae-yong mencoba menggunakan formasi tiga bek sejajar 3-4-2-1. Firza bersama Asnawi mengisi posisi gelandang kanan. Gunanya, agar skuad Garuda Muda lebih kuat ketika bertahan, dengan menggunakan lima bek.

Namun upaya itu masih gagal karena tetap kalah dengan kecolongan tiga gol. Tentu semua berharap agar Shin Tae-yong sudah menemukan cara jitu untuk memperkuat barisan pertahanannya.

Pasalnya, Timnas Indonesia U-23 sendiri bakal bersua Vietnam di laga pembuka cabang olahraga (cabor) sepak bola SEA Games 2021. Tim besutan Shin Tae-yong itu akan berhadapan dengan tuan rumah pada 6 Mei mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini