Share

Naik Turun Kehidupan Fachri Firmansyah, Eks Pemain Timnas Indonesia yang Beralih Profesi Menjadi Satpam Kini Tumbuh sebagai Prajurit TNI

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 14 April 2022 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 14 49 2579207 naik-turun-kehidupan-fachri-firmansyah-eks-pemain-timnas-indonesia-yang-beralih-profesi-menjadi-satpam-kini-tumbuh-sebagai-prajurit-tni-zEz4ZzFg5b.jpg Fachri Firmansyah kini berprofesi sebagai prajurit TNI. (Foto: Instagram/@officialpersikabo)

NAIK turun kehidupan eks pemain Timnas Indonesia Fachri Firmansyah bakal dibahas dalam artikel ini. Pesepakbola 26 tahun ini lahir pada 10 Januari 1996.

Ia tercatat pernah membela Sriwijaya FC U-21 pada 2014. Di tahun itu juga, Fachri Firmansyah yang kala itu berusia 18 tahun mencoba peruntungan masuk Timnas Indonesia U-19 yang ditangani Indra Sjafri.

Fachri Firmansyah

(Fachri Firmansyah saat membela Timnas Indonesia)

Sayangnya, Fachri Firmansyah yang berposisi sebagai gelandang bertahan gagal masuk skuad. Ia gagal bersaing dengan sejumlah gelandang Timnas Indonesia U-19 saat itu seperti Muhammad Hargianto hingga Evan Dimas.

Meski gagal masuk skuad Timnas Indonesia U-19, Fachri Firmansyah justru lolos seleksi Timnas Indonesia U-21. Tim ini dibentuk sebagai proyeksi tampil di turnamen Cotif yang digelar di Valencia, Spanyol, pada 10-24 Agustus 2014.

Kala itu, Fachri Firmansyah tampil di turnamen Cotif bersama 19 pemain Timnas Indonesia U-21 lainnya. Sayangnya ketika tampil di ajang tersebut, Fachri Firmansyah mengalami cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL).

Karena tak memiliki biaya untuk pengobatan cedera ACL, Fachri Firmansyah kesulitan bermain sebagai pesepakbola profesional. Ia sempat frustrasi dan masuk ke pondok pesantren di daerah Rejoagung, Ngoro, Jombang, untuk menenangkan pikirannya.

Namun, ia sadar mesti menjalani hidup. Alhasil, Fachri Firmansyah sempat menjadi kuli panggul di pasar dan satpam. Karena kisahnya viral setelah diberitakan sejumlah media, Ketua Umum PSSI pada 2017, Edy Rahmayadi, menawarkan Fachri Firmansyah untuk masuk Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Fachri Firmansyah

(Fachri Firmansyah saat menjalankan profesi sebagai satpam)

Sekadar diketahui, Edy Rahmayadi yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara saat itu berstatus sebagai Panglima Kostrad (Pangkostrad). Alhasil, Fachri Firmansyah pun menjalani serangkaian tes hingga akhirnya diterima sebagai prajurit TNI sejak November 2017.

"Alhamdulillah saya telah menjadi TNI. Saya lulus TNI sejak November 2017 lalu," kata Fachri medio 2019.

โ€œPeran Pak Edy Rahmayadi kepada hidup saya sangat besar. Saya ingat sekali pesan beliau. Saya harus bisa main bola lagi,โ€ lanjut pesepakbola yang dikenal lugas ini.

Benar saja, Fachri Firmansyah kembali main di level sepakbola profesional. Ia sempat membela PS TNI pada Liga 1 2018 dan 2019.

Namun, sejak 2020 Fachri Firmansyah tak lagi aktif sebagai pesepakbola profesional. Ia fokus berkarier sebagai prajurit TNI saat ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini