Share

Kisah Mualaf Lee Woon-jae, Kiper Legenda Korea Selatan Sahabat Shin Tae-yong

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 04 April 2022 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 04 51 2572880 kisah-mualaf-lee-woon-jae-kiper-legenda-korea-selatan-sahabat-shin-tae-yong-ziwPgw3C7L.jpg Kisah mualaf Lee Woon-jae, kiper legenda Korea Selatan sahabat Shin Tae-yong. (Foto: REUTERS)

KISAH mualaf Lee Woon-jae, kiper legenda Korea Selatan di Piala Dunia yang merupakan sahabat Shin Tae-yong akan dibahas dalam artikel ini. Lee Woon-jae merupakan salah satu pesepakbola terbaik yang dimiliki Korea Selatan.

Ia tercatat membela skuad Taeguk Warriors –julukan Korea Selatan– di tiga Piala Dunia. Sebut saja pada 1994, 2002, 2006 dan 2010. Dari tiga kiprah di atas, Lee Woon-jae paling bersinar di Piala Dunia 2002.

Lee Woon-jae

(Lee Woon-jae saat membela Timnas Korea Selatan)

Lee Woon-jae turun dalam tujuh pertandingan Piala Dunia 2022 bersama Korea Selatan. Berkat bantuan Lee Woon-jae, Korea Selatan finis keempat di Piala Dunia 2022.

Finis keempat merupakan pencapaian terbaik Korea Selatan sepanjang keikutsertaan mereka di Piala Dunia. Lantas, bagaimana hubungan Lee Woon-jae dengan pelatih Timnas Indonesia saat ini, Shin Tae-yong?

Keduanya merupakan satu angkatan di Timnas senior Korea Selatan. Shin Tae-yong debut bersama Timnas Korea Selatan senior pada 1992, sedangkan Lee Woon-jae dua tahun berselang.

Bedanya, Lee Woon-jae debut di laga bergengsi. Ia turun 45 menit saat Korea Selatan kalah 2-3 dari Jerman di matchday pamungkas Grup C Piala Dunia 1994. Bagaimana dengan Shin Tae-yong?

Menjalani debut pada 21 Oktober 1992, tatkala Korea Selatan bersua Uni Emirat Arab di laga uji coba. Namun, Lee Woon-jae lebih banyak mengemas caps bersama Timnas Korea Selatan.

Lee Woon-jae

(Lee Woon-jae saat menggagalkan penalti Joaquin Sanchez di perempatfinal Piala Dunia 2002)

Ia mencatatkan 131 penampilan bersama Timnas senior Korea Selatan. Sementara itu, Shin tae-yong hanya 23 penampilan bersama skuad Taeguk Warriors.

Lantas, bagaimana dengan cerita mualaf Lee Woon-jae? Menurut berbagai sumber, Lee Woon-jae mulai belajar soal agama Islam pada 2004 atau di usia yang ke-31 tahun. Ia pun mendapat ketenangan setelah memeluk agama Islam.

“Setelah memeluk agama Islam hidup saya lebih tenang dan punya tujuan yang jelas. Beruntung, saya tinggal di Korea Selatan yang warganya memiliki toleransi tinggi,” kata Lee Woon-jae mengutip dari Islamicmovement, Senin (4/4/2022).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini