Share

Ikuti Jejak Portugal dan Prancis, Timnas Italia Tolak Tawaran FIFA Tampil di Piala Dunia 2022?

Ramdani Bur, Okezone · Kamis 31 Maret 2022 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 31 51 2570866 ikuti-jejak-portugal-dan-prancis-timnas-italia-tolak-tawaran-fifa-tampil-di-piala-dunia-2022-12JpoGA3wu.jpg Timnas Italia bakal tolak tawaran FIFA tampil di Piala Dunia 2022? (Foto: REUTERS/Umit Bektas)

TIMNAS Italia ramai diberitakan bakal menggantikan posisi Iran di Piala Dunia 2022. Hal itu berarti, Timnas Italia berpotensi tampil di Piala Dunia 2022 meski disingkirkan Makedonia Utara di semifinal playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Menurut laporan media Italia, Sportmediaset, Timnas Italia berpotensi lolos jika Iran didiskualifikasi FIFA. Timnas Iran berpotensi dicoret dari Piala Dunia 2022 karena melarang perempuan hadir di tribun stadion saat mereka menjamu Lebanon di matchday pamungkas Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Selasa 29 Maret 2022 malam WIB.

Gagal Tembus Piala Dunia, Pemain Italia Bereaksi

(Timnas Italia berpotensi tampil di Piala Dunia 2022)

Padahal, 2.000 perempuan tersebut merupakan pemegang tiket pertandingan Iran vs Lebanon. Sebelumnya pada 2019, Federasi Sepakbola Iran juga melakukan hal yang sama. Karena pelanggaran yang berulang, FIFA kabarnya turun tangan.

Sekarang yang jadi pertanyaan, jika Iran mendapat hukuman, kenapa Timnas Italia yang masuk menggantikan Iran? Menurut teori FIFA, Timnas Italia yang bakal masuk menggantikan Iran karena memiliki ranking FIFA paling tinggi ketimbang tim lain yang gagal lolos ke Piala Dunia 2022.

โ€œSecara teori FIFA dapat mempromosikan negara dengan peringkat FIFA tertinggi. Hal itu berarti, jatah bakal diberikan kepada juara Eropa, Italia, yang baru saja kalah dari Makedonia Utara di babak playoff,โ€ lanjut laporan tersebut.

Namun, jika FIFA menjatuhkan hukuman kepada Iran, Timnas Italia bisa saja menolak tawaran dari federasi sepakbola dunia tersebut. Prancis dan Portugal sempat menolak tawaran tampil di Piala Dunia 1950 yang diajukan FIFA.

Follow Berita Okezone di Google News

Prancis dan Portugal tampil di Kualifikasi Piala Dunia 1950. Namun, keduanya sama-sama gagal lolos. Portugal disingkirkan Spanyol, sedangkan Prancis ditendang Yugoslavia.

Akan tetapi, Skotlandia dan Turki yang sudah memesan tempat di Piala Dunia 1950 tiba-tiba mengundurkan diri. Skotlandia mundur karena tidak terima hanya finis kedua di kualifikasi di bawah Inggris.

Sementara Turki, tidak memiliki biaya untuk terbang ke Brasil selaku tuan rumah Piala Dunia 1950. Alhasil, Portugal dan Prancis ditawari FIFA menggantikan posisi Skotlandia dan Turki, namun tawaran itu ditolak kedua negara tersebut.

Jadi jika benar FIFA memberikan penawaran, apakah Timnas Italia bakal menolak tawaran tersebut? Menarik untuk dinantikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini