Share

Vietnam Sanggup Tahan Jepang, Pertanda Shin Tae-yong Bawa Timnas Indonesia Hancurkan Kuwait dan Yordania?

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 30 Maret 2022 09:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 51 2570130 vietnam-sanggup-tahan-jepang-pertanda-shin-tae-yong-bawa-timnas-indonesia-hancurkan-kuwait-dan-yordania-J6E8rRWH4p.jpg Timnas Vietnam secara luar biasa menahan Jepang 1-1 di laga penutup Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. (Foto: REUTERS/Issei Kato)

VIETNAM sanggup tahan Jepang, pertanda Shin Tae-yong bawa Timnas Indonesia hancurkan Kuwait dan Yordania di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023? Sekadar diketahui, Vietnam baru saja membuat kejutan.

Bertandang ke markas Jepang di laga pamungkas babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, skuad asuhan Park Hang-seo sanggup mengakhiri pertandingan dengan skor 1-1!

Timnas Jepang vs Vietnam

Bahkan skuad Golden Star –julukan Vietnam– unggul lebih dulu via aksi Nguyen Than Binh pada menit 19. Baru pada menit 55, Jepang menyamakan kedudukan lewat sang bek yang kini bermain untuk Sampdoria, Maya Yoshida.

Meski di klasemen akhir babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia duduk sebagai juru kunci, skuad Vietnam tetap merayakan keberhasilan menahan Jepang. Di akhir pertandingan, Nguyen Quang Hai melakoni sesi foto di Stadion Saitama yang merupakan venue pertandingan.

Keberhasilan menahan Jepang membuat Vietnam naik dua posisi di ranking FIFA Maret 2022, tepatnya dari tangga 98 ke 96. Sekarang yang jadi pertanyaan, akankah keberhasilan Vietnam di atas membuat Timnas Indonesia dapat mengalahkan tim kuat seperti Kuwait dan Yordania di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023?

Sekadar diketahui, Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah Kuwait, Yordania dan Nepal. Hanya juara grup dan lima runner-up terbaik yang diizinkan lolos ke Piala Asia 2023.

Meminjam mentalitas Vietnam, Timnas Indonesia sejatinya bisa mempermalukan Yordania dan Kuwait. Vietnam sanggup menahan Jepang yang secara peringkat unggul 73 anak tangga ketimbang mereka (Jepang saat ini menduduki posisi 23 dunia).

Timnas Indonesia

Sementara itu, ranking FIFA Timnas Indonesia dengan Kuwait dan Yordania tak sejauh Vietnam dengan Jepang. Di saat Timnas Indonesia menempati posisi 159 dunia, Yordania berada di posisi 91 dan Kuwait (144).

Jika hasil positif didapat Timnas Indonesia saat bersua Yordania dan Kuwait, peluang Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 sangat besar. Sebab, di satu pertandingan lagi, Timnas Indonesia hanya dihadapkan dengan Nepal.

Karena itu, harapannya selain skill dan fisik, mentalitas skuad Timnas Indonesia terus terbangun di bawah arahan pelatih Shin Tae-yong. Menarik menanti kiprah Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung pada 8-14 Juni 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini