Share

Gareth Southgate Beberkan Alasan Tetap Panggil Harry Maguire ke Timnas Inggris

Maulana Yusuf, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 51 2569733 gareth-southgate-beberkan-alasan-tetap-panggil-harry-maguire-ke-timnas-inggris-N7dR7KyhUE.JPG Pemain Timnas Inggris, Harry Maguire. (Foto: Reuters)

LONDON – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Inggris, Gareth Southgate diserang karena keputusannya yang tetap memanggil pemain Manchester United, Harry Maguire di laga uji coba jeda internasional kali ini. Pasalnya Maguire dinilai sedang dalam performa buruk lantaran tampil mengecewakan bersama The Red Devils –julukan Man United.

Menanggapi hal itu, Southgate menegaskan bahwa Maguire adalah sosok bek yang tangguh dan telah berkontribusi bsar untuk Timnas Inggris selama ini. Jadi, ia merasa Maguire tetap layak untuk membela The Three Lions terlepas penampilan buruknya bersama Man United.

Seperti diketahui sebelumnya, banyak kontroversi saat Southgate memasukan nama Maguire ke dalam daftar skuadnya. Pasalnya, penampilan Maguire bersama Manchester United akhir-akhir ini mengecewakan.

Harry Maguire

Kendati demikian, ada penilaian yang berbeda dari Southgate. Terlepas dari cemoohan publik terhadap Maguire, Southgate justru menilai Maguire adalah bek yang memilki kualitas bertahan cukup baik. Pasalnya, Maguire tampil apik bersama Three Lions di beberapa pertandingan terakhirnya.

“Dia (Maguire) sangat baik untuk kami di musim gugur. Dia membawa kami ke semifinal Piala Dunia dan final Liga Eropa. Jadi tidak diragukan lagi dia lebih dari mampu bermain di level tertinggi,” ujar Southgate, dilansir dari Yorkshire Post, Selasa (29/3/2022).

Memang, Southgate menyadari bahwa Maguire tampil kurang memuaskan di beberapa pertandingan terakhir bersama Setan Merah –julukan Man United. Namun, Southgate justru tak mempermasalahkan hal itu.

“Klubnya berada di saat yang sulit, mungkin ada sejumlah alasan untuk itu. Itu tidak berarti para pemain bisa menjadi menurun performanya selama beberapa tahun dan masih bisa kembali ke permainannya,” ucap Southgate.

“Kadang-kadang itu tergantung pada persaingan untuk posisi. Kami telah meninggalkan beberapa pemain depan yang belum dalam performa yang baik, tetapi ada pengganti langsung, pengganti berpengalaman, untuk para pemain itu,” imbuh Southgate.

Adapun mengenai seleksi, menurutnya selalu menjadi teka-teki yang sulit dirumuskan. Pasalnya, Southgate memiliki penilaian tersendiri soal pemain yang bisa tampil bagus di Timnas Inggris.

Harry Maguire

“Ini rumit dan saya tahu setiap orang memiliki pandangan tentang siapa yang harus dan tidak boleh kami pilih. Pada akhirnya kami membutuhkan pemain terbaik yang mungkin bermain di level terbaik mereka untuk memberi diri kami peluang terbaik untuk menang,” lanjut Southgate.

Selanjutnya Inggris akan berjumpa Pantai Gading di laga persahabatan yang berlangsung pada Rabu 30 Maret 2022 dini hari WIB. Peluang Maguire bermain pun terbilang cukup besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini