Share

Siap Ikuti Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia, Ini Strategi Pelatih Timnas Malaysia

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 17 Maret 2022 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 17 51 2563211 siap-ikuti-shin-tae-yong-dan-timnas-indonesia-ini-strategi-pelatih-timnas-malaysia-ZOwWBc0SNS.jpg Kim Pan-gon siap dongkrak prestasi Timnas Malaysia. (Foto: Twitter/@FAM_Malaysia)

PELATIH Timnas Malaysia, Kim Pan-gon, siap mengikuti gaya permainan Timnas Indonesia dan Vietnam yang sama-sama ditangani juru taktik asal Korea Selatan. Timnas Indonesia kini ditangani Shin Tae-yong, sedangkan Vietnam dibesut Park Hang-seo.

Meski begitu, Kim Pan-gon tak mau gegabah. Ia tak mau terburu-buru meminta Safawi Rasid dan kawan-kawan mengikuti gaya permainan Indonesia dan Vietnam.

Kim Pan-gon

(Kim Pan-gon (kanan), pelatih Timnas Malaysia)

Pelatih asal Korea Selatan dikenal memiliki ciri khas bermain dalam intensitas tinggi. Strategi itu pun digunakan Shin Tae Yong di Timnas Indonesia dan Park Hang-seo bersama The Golden Star –julukan Vietnam.

Tak mau kalah dari dua kompatriotnya itu, Kim Pan-gon ingin meniru gaya permainan Indonesia dan Vietnam. Akan tetapi, menurutnya saat ini kondisi para pemainnya masih belum bugar sepenuhnya usai menjalani di Liga Malaysia sehingga belum bisa langsung latihan bermain dalam intensitas tinggi.

Sebagai informasi, saat ini Harimau Malaya sedang menjalani pemusatan latihan dalam persiapan menghadapi tiga pertandingan persahabatan pada jeda internasional pekan depan. Mereka bakal bertanding dengan Timnas Filipina pada 23 Maret 2022, sebelum menghadapi Singapura dua hari kemudian dan Albirex Niigata lima hari setelahnya.

“Saat ini kami sedang fokus pada pemulihan para pemain. Pola permainan dengan tempo tinggi itu penting tapi harus berdasarkan fisik dan teknis,” kata Kim Pan-gon dilansir dari Berita Harian Malaysia, Kamis (17/3/2022).

“Apa yang kami miliki, kami mencoba yang terbaik untuk membentuk tim. Kami mencoba melakukannya (permainan dengan intensitas tinggi), jika Anda tidak bisa mendapatkannya dan Anda mencoba untuk pergi ke sana, Anda akan tersandung,” imbuhnya.

Timnas Malaysia

(Timnas Malaysia hancur lebur di Piala AFF 2020)

"Jadi kami akan melihat apa yang kami miliki, apa yang bisa kami lakukan. Saya ingin ke arah itu, permainan dengan tempo dan intensitas tinggi," tuturnya.

Pemusatan latihan yang dilakukan Timnas Malaysia itu sudah dimulai sejak Senin 14 Maret 2022. Ini adalah kali pertama Kim Pan-gon memimpin latihan skuad Harimau Malaya.

Sebab, pelatih berusia 52 tahun itu baru ditunjuk pada awal Januari lalu setelah Malaysia gagal total di Piala AFF 2020. Karena itu, ia diharapkan bisa mendongkrak prestasi sepakbola Negeri Jiran dengan permainan intensitas tinggi khas Korea Selatan yang membawa Timnas Indonesia melaju ke partai final Piala AFF 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini