Share

Klub Rusia dan Timnas Rusia Dilarang Tampil di Seluruh Kompetisi FIFA dan UEFA

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Selasa 01 Maret 2022 04:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 01 51 2554403 klub-rusia-dan-timnas-rusia-dilarang-tampil-di-seluruh-kompetisi-fifa-dan-uefa-AyrEv2Qgs7.jpg Timnas Rusia dilarang tampil di seluruh kompetisi garapan FIFA dan UEFA. (Foto: REUTERS)

SELURUH klub Rusia dan Tim Nasional (Timnas) Rusia dilarang tampil di kompetisi garapan FIFA dan UEFA. Hal itu menyusul invasi militer Rusia ke Ukraina.

Sekadar diketahui, invasi militer yang dilakukan Rusia ke Ukraina belum berhenti. Konflik tersebut ternyata berefek buruk kepada dunia olahraga Rusia.

Timnas Rusia

(Timnas Rusia dilarang tampil di seluruh kompetisi garapan UEFA dan FIFA)

FIFA dan UEFA mengeluarkan pernyataan resmi. Dua organisasi sepakbola tertinggi itu melarang Timnas Rusia dan tim yang berasal dari negara tersebut tampil di semua kompetisi garapan mereka.

“Semua klub dan tim nasional Rusia diskors dari partisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut. Hal itu menyusul keputusan awal yang diadopsi Dewan FIFA dan Komite Eksekutif UEFA, yang mempertimbangkan penerapan tindakan tambahan,” bunyi pernyataan tersebut, disadur dari laman resmi UEFA, Selasa (1/3/2022).

“FIFA dan UEFA hari ini memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia, baik tim perwakilan nasional atau tim klub, akan ditangguhkan dari partisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut,” sambung mereka.

“Keputusan ini diadopsi hari ini oleh Dewan FIFA dan Komite Eksekutif UEFA, masing-masing badan pembuat keputusan tertinggi dari kedua lembaga mengenai hal-hal mendesak tersebut,” tegasnya.

FIFA dan UEFA melakukan tindakan tegas ini sebagai bentuk solidaritas kepada Ukraina. Kedua federasi tersebut sangat berharap konflik kedua negara itu bisa segera usai.

Spartak Moskow

(Spartak Moskow terkena imbas dari keputusan ini)

“Sepakbola sepenuhnya bersatu di sini dan dalam solidaritas penuh dengan semua orang yang terkena dampak di Ukraina. Kedua Presiden berharap situasi di Ukraina membaik secara signifikan dan cepat sehingga sepakbola dapat kembali menjadi vektor persatuan dan perdamaian di antara orang-orang,” harap FIFA dan UEFA.

Keluarnya pernyataan di atas, sama saja menutup peluang Timnas Rusia tampil di Piala Dunia 2022. Padahal, pada medio bulan ini, Rusia dijadwalkan menghadapi Polandia untuk menjalani laga playoff Piala Dunia 2022.

Sementara itu, di Liga Eropa 2021-2022 ada Spartak Moskow yang juga terkena imbasnya. Awalnya, Spartak Moskow dijadwalkan bertemu RB Leipzig di babak 16 besar Liga Eropa 2021-2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini