Share

Media Malaysia Sebut Peluang Timnas Malaysia ke Piala Asia 2023 Mudah, Remehkan Timnas Indonesia?

Hakiki Tertiari , Okezone · Sabtu 26 Februari 2022 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 26 51 2553545 media-malaysia-sebut-peluang-timnas-malaysia-ke-piala-asia-2023-mudah-remehkan-timnas-indonesia-HasKpqv7vZ.jpg Timnas Indonesia tergabung di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 (Foto: Instagram/@pssi)

MEDIA Malaysia, Makan Bola sebut peluang Tim Nasional (Timnas) Malaysia lolos ke Piala Asia 2023 sangat mudah. Hal itu dilihat dari hasil undian Kualifikasi Piala Asia 2023, yang telah dilakukan pada Kamis, 24 Februari 2022.

Sebagaimana diketahui, tim asuhan Kim Pan-gon itu akan tergabung di Grup E. Harimau Malaya (julukan Timnas Malaysia) satu grup dengan Bahrain, Turkmenistan, dan Bangladesh.

makanbola

Tangkapan Media Malaysia (Foto: Makan Bola)

Dalam artikelnya, Makan Bola membuat headline berjudul “Peluang Malaysia ke Piala Asia Cerah” hal tersebut menyusul berbagai faktor yang membuat Harimau Malaya merasa di atas angin.

Salah satunya adalah Malaysia ditunjuk sebagai tim tuan rumah untuk Grup E. Artinya, mereka akan bertanding di hadapan publik sendiri.

Selain itu, kehadiran juru taktik asal Korea Selatan, Kim Pan-gon disinyalir bisa memberi sentuhan berbeda buat Harimau Malaya.

Di sisi lain, Harimau Malaya sangat percaya diri, karena secara rangking FIFA mereka tidak berbeda jauh dari pesaingnya.

Menurut laporan media Malaysia tersebut, hanya Bahrain, yang kini menempati urutan ke-89 akan menjadi lawan terkuat di Grup E.

Sementara itu, Turkmenistan yang berada di urutan ke-134, masih dianggap memiliki kualitas tidak jauh berbeda dengan Malaysia.

Begitu pun dengan Bangladesh, yang berada jauh di urutan ke-186 dunia. Di lain hal, Malaysia sendiri menempati urutan ke-154 rangking FIFA.

Demi memuluskan langkahnya, Kim Pan-gon sudah menyiapkan program untuk menggeber anak buahnya ini. Salah satunya adalah menggelar uji coba dengan beberapa negara Asia lainnya.

TIMNAS INDONESIA

Lantas apakah secara tersirat Malaysia meremehkan Indonesia untuk lolos ke Piala Asia 2023?

Secara perhitungan, posisi Timnas Indonesia memang tidak cukup diuntungkan. Tim besutan Shin Tae-yong itu tergabung di Grup A, mereka menempati urutan ke-160 ranking FIFA dunia. Hanya Nepal yang berada di bawah Indonesia, yaitu di urutan ke-167.

Sementara, dua pesaing lainnya, Yordania menempati urutan ke-90 dan Kuwait di posisi 143 ranking FIFA dunia.

Melihat kans itu, peluang Indonesia memang cukup berat. Terlebih Egy Maulana Vikri dkk punya memori buruk di Kualifikasi Piala Asia 2011.

Ketika itu mereka juga satu grup dengan Kuwait. Hasilnya mereka menelan satu kekalahan dan hanya bisa bermain imbang di kandang sendiri.

Tapi, Indonesia diprediksi akan tampil beda di bawah arahan Shin Tae-yong. Beberapa pemain keturunan siap membela Skuad Garuda.

Di antaranya ada Jordi Amat dan Sandy Walsh, yang sampai saat ini positif bisa bergabung dengan Timnas Indonesia.

Nantinya, hanya ada 11 slot yang tersedia, dengan pembagian enam juara grup dan lima runner-up terbaik berhak lolos ke Piala Asia 2023. Perjalanan Indonesia mengarungi Kualifikasi Piala Asia 2023 sendiri bakal dimulai pada 8 Juni mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini