Share

Timnas Indonesia Disebut Juara Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 karena Segrup Yordania, Kuwait dan Nepal

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 51 2552483 timnas-indonesia-disebut-juara-grup-a-kualifikasi-piala-asia-2023-karena-segrup-yordania-kuwait-dan-nepal-kdylC6NEYt.jpg Timnas Indonesia disebut juara Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 setelah satu grup dengan Kuwait, Yordania dan Nepal. (Foto: PSSI)

TIMNAS Indonesia disebut bakal juara Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 setelah dalam drawing yang dilakukan siang ini, skuad Garuda tergabung bersama Kuwait, Yordania dan Nepal. Lantas, kenapa Timnas Indonesia diprediksi bakal juara grup? Begini ceritanya.

Babak ini merupakan fase ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Sebelum ini, ada babak kedua Kualifikasi Piala Asia 2023, atau bisa dibilang babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Timnas Indonesia

Saat itu, uniknya Kuwait, Yordania dan Nepal juga berada di grup yang sama yakni Grup B. Kala itu Grup B berisikan lima tim. Selain tiga tim di atas, ada juga Australia dan Taiwan.

Hasilnya, Socceroos –julukan Australia– tampil dominan dengan memenangkan delapan laga kontra empat tim di atas. Karena keluar sebagai juara Grup B, Australia berhak lolos ke Piala Asia 2023, sekaligus melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Sementara itu, Kuwait, Yordania dan Nepal berturut-turut menempati posisi dua, tiga dan empat dengan koleksi 14, 14 dan 6 poin. Juru kunci klasemen ditempati Taiwan yang gagal mendulang satu poin pun.

Lantas, bagaimana nasib Kuwait dan Yordania yang saat itu mendapatkan poin identik 14? Kuwait yang menduduki posisi dua gagal merebut status lima runner-up terbaik.

Sekadar diketahui, selain delapan juara grup, hanya lima runner-up terbaik yang diizinkan lolos otomatis ke Piala Asia 2023 sekaligus melaju ke babak ketiga Kualifikasi Dunia 2022 zona Asia.

Karena itulah, Yordania, Nepal dan Kuwait harus tampil di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 bersama 21 negara lain termasuk Timnas Indonesia untuk memperebutkan 11 slot terakhir.

Timnas Yordania

(Timnas Yordania menang 4-1 atas Timnas Indonesia dalam pertemuan terakhir yang berlangsung pada 2019)

Sekarang yang jadi pertanyaan, dari mana prediksi Timnas Indonesia bakal finis sebagai juara Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023? Netizen memprediksi Timnas Indonesia bakal menggantikan posisi Australlia, yakni mengangkangi Kuwait, Yordania dan Nepal.

“Berarti nanti Indonesia yang jadi juara grupnya,” tulis akun Twitter @aardwi15, mengomentari unggahan @UpdateBolabola, perihal adanya kesamaan antara Yordania, Kuwait dan Nepal.

Sekarang harapannya Shin Tae-yong berhasil mengeluarkan kemampuan terbaik dari Timnas Indonesia. Nantinya, bakal diambil enam juara grup dan lima runner-up terbaik dari babak ketiga Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Total ada 11 tim yang lolos ke Piala Asia 2023 melalui babak ketiga kualifikasi ini.

Sebanyak 11 tim ini menyusul 13 tim yang lebih dulu memastikan lolos ke Piala Asia 2023. Mereka ialah China, Jepang, Suriah, Qatar, Korea Selatan, Australia, Iran, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Irak, Oman, Vietnam dan Lebanon.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini