Share

Fungsi Satgas Antimafia Bola, Apa Saja?

Hakiki Tertiari , Okezone · Selasa 22 Februari 2022 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 49 2551025 fungsi-satgas-antimafia-bola-apa-saja-TosypMorHG.jpg Fungsi Satgas Antimafia Bola, Apa Saja? (Foto: Barito Putera)

FUNGSI Satgas Antimafia Bola akan dibahas pada artikel ini. Gerakan Satgas Antimafia Bola sempat diperbincangkan lantaran telah dibubarkan pada 20 Agustus 2020.

Hanya saja, secerca harapan kembali muncul, ketika kabar terbaru menyebutkan Satgas Antimafia Bola akan diaktifkan kembali. Nantinya, Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) akan berkolabroasi dengan pihak kepolisian, demi menertibkan sepakbola Indonesia.

Pertandingan Liga 1

Ilustrasi pertandingan sepakbola di Liga 1 2021-2022 (Foto: Liga 1)

Namun, sebenarnya apa saja tugas Satgas Antimafia Bola?

Ya, sejatinya Satgas Antimafia Bola ini hadir karena mencuatnya isu pengaturan skor di sepakbola Indonesia. Tugas Satgas Antimafia Bola berupa pencegahan dan penindakan. Satgas Antimafia Bola juga memiliki prosedur operasi standar (SOP) dalam menjalankan tugasnya.

Misalnya setiap dua hari menjelang pertandingan. Mereka ditugaskan untuk menemui wasit di hotel. Satgas Antimafia Bola, akan memperkenalkan diri dengan membawa surat perintah yang ditugaskan untuk mengawasi pertandingan dan mengamankan wasit hingga laga usai.

Satgas Antimafia Bola ini juga memastikan, ruangan wasit tidak dikunjungi oleh siapapun, apalagi klub yang akan bertanding di hari pertandingan. Hanya panitia pelaksana (panpel) ataupun pendamping (LO), yang bisa menemui wasit untuk penjemputan

Jika ketahuan ada pengaturan skor, yang berkaitan dengan hukum pidana, nantinya wasit akan dibawa ke pihak berwenang dalam hal ini pihak kepolisian. Namun, jika berkaitan dengan aturan sepakbola, maka wasit akan dibawa ke PSSI untuk ditindaklanjuti oleh komisi disiplin.

Selain itu, petugas Satgas Antimafia Bola, biasanya berdiri di pinggir lapangan, selama pertandingan berlangsung. Mereka memantau gerak-gerik seluruh orang yang terlibat ketika pertandingan.

Mulai dari wasit, ofisial, hingga pemain. Bahkan, tak menutup kemungkinan para suporter yang sewaktu-waktu diizinkan hadir di lapangan, juga jadi pantauan Satgas Antimafia Bola.

Akan tetapi, fungsi dan tugas Satgas Anti Mafia Bola yang berdiri di pinggir lapangan dipertanyakan. Menyusul temuan pengaturan skor yang melibatkan beberapa pemain dan pelatih Perserang Serang pada laga Liga 2 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini