Share

Diperkuat 5 Pemain Keturunan Tambahan, Timnas Indonesia Merajut Mimpi Tampil di Piala Dunia 2026

Ramdani Bur, Okezone · Kamis 10 Februari 2022 08:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 10 51 2544973 diperkuat-5-pemain-keturunan-tambahan-timnas-indonesia-merajut-mimpi-tampil-di-piala-dunia-2026-TpwfjrsKzA.jpg Timnas Indonesia merajut mimpi tampil di Piala Dunia 2026. (Foto: Laman resmi AFF)

PSSI sedang memproses naturalisasi empat pemain keturunan untuk dapat memperkuat Timnas Indonesia. Mereka ialah Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers dan Kevin Diks.

Sejauh ini baru dokumen naturalisasi milik Sandy Walsh dan Jordi Amat yang sudah lengkap. Berkas mereka sudah berada di meja Kemenpora untuk diproses lebih lanjut.

Sandy Walsh dan Jordi Amat

(Sandy Walsh dan Jordi Amat segera jadi WNI)

Bagaimana dengan Mees Hilgers dan Kevin Diks? Besok menjadi penentu apakah proses naturalisasi kedua nama di atas bakal lanjut atau tidak.

Sebab, saat ini Kevin Diks dan Mees Hilgers sedang meminta restu kepada orangtua mereka masing-masing apakah diizinkan atau tidak menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Jika Kevin Diks dan Mees Hilgers mendapatkan restu, jumlah pemain keturunan yang dinaturalisasi bukan tak mungkin bakal bertambah. Sebab, satu nama lagi yakni Ragnar Oratmangoen masuk dalam daftar tunggu.

Andai pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, meminta PSSI untuk melanjutkan proses naturalisasi Ragnar Oratmangoen, Federasi Sepakbola Indonesia itu kembali begerak. Ditargetkan PSSI, empat atau lima nama di atas sudah bisa membela Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 8-14 Juni 2022.

Jika Sandy Walsh dan kawan-kawan bisa turun di babak tersebut, praktis memperkuat kualitas Timnas Indonesia. Ujung-ujungnya, peluang Timnas Indonesia ambil bagian di Piala Asia 2023 yang dilangsungkan di China bakal terbuka lebar.

Bisa dibilang, Piala Asia 2023 menjadi tolok ukur kelayakan Timnas Indonesia bermain di Piala Dunia 2026 atau tidak. Sebab, jika Timnas Indonesia lolos ke perempatfinal Piala Asia 2023, mereka layak diperhitungkan ambil bagian di Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia

Sekadar diketahui, FIFA menambah jumlah peserta Piala Dunia 2026, dari yang awalnya 32 menjadi 48 tim. Hal itu otomatis, jumlah negara yang lolos dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) bakal bertambah.

Sebelumnya, Asia hanya mendapat jarah 4 atau 5 tim (di luar tuan rumah) yang lolos ke Piala Dunia. Namun, berhubung jumlah tim yang tampil membengkak, Asia diberi kesempatan meloloskan 8 wakil ke Piala Dunia 2026.

Karena itu, harapannya tangan dingin Shin Tae-yong, plus bantuan pemain-pemain keturunan yang memiliki pengalaman tinggi, membantu mendongkrak performa Timnas Indonesia. Maju terus skuad Garuda!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini