Share

Timnas Malaysia Rekrut Mantan Pelatih Barcelona, Netizen Negeri Jiran Ngamuk

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 09 Februari 2022 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 09 51 2544493 timnas-malaysia-rekrut-mantan-pelatih-barcelona-netizen-negeri-jiran-ngamuk-jnU9WkjVB6.jpg Timnas Malaysia bakal ditangani eks juru taktik Barcelona, Pau Marti Vicente. (Foto: Twitter/@FAM_Malaysia)

FEDERASI Sepakbola Malaysia (FAM) dalam waktu dekat akan mengumumkan mantan pelatih Barcelona, Pau Marti Vicente, sebagai asisten juru taktik Malaysia, Kim Pan-gon. Hal itu disampaikan jurnalis Malaysia, Zulhelmi Zainal, di akun Twitter-nya, @zulhelmizainal1.

“Selain pelatih lokal, Kim Pan-gon juga akan dibantu pelatih asing. Salah satu asisten pelatih yang diboyong Kim Pan-gon adalah Pau Marti Vicente yang sebelumnya bertugas sebagai asisten pelatih U-18 Barcelona,” tulis Zulhelmi Zainal.

Pau Marti Vicente

(Pau Marti Vicente saat menjadi asisten pelatih di Barcelona)

Hanya saja, keputusan FAM di atas mendapat kritikan dari salah satu netizen Malaysia. Akun Twitter @faizdisana menyebut mubazir jika mengontrak Kim Pan-gon dan Pau Martin Vicente bersamaan.

Sebab, keduanya bakal menghabiskan banyak uang. Ditambah lagi dalam pandangannya, gaji Kim Pan-gon dan Pau Marti Vicente berasal dari uang rakyat.

“Mubazir karena menggunakan uang rakyat. Sudah 12 tahun kita tidak juara SEA Games, gagal lolos ke Piala Asia atau gagal menang Piala AFF,” tulis akun @faizdisana.

Meski begitu, keinginan Faiz melihat skuad Harimau Malaya –julukan Malaya– berjaya sebenarnya sangat terbuka lebar. Sebab, Pau Marti Vicente bukanlah pelatih kacangan.

Ketika menjabat sebagai asisten pelatih Barcelona U-18, Pau Marti Vicente membantu tim muda Blaugrana juara UEFA Youth League 2017-2018 atau Liga Champions Junior.

Ansu Fati

(Ansu Fati salah satu pemain yang diorbitkan Pau Marti Vicente)

Bertugas sebagai asisten Garcia Pimienta, Pau Marti Vicente menangani sejumlah pesepakola muda bertalenta. Sebut saja Riqui Puig, Alvaro Sanz, Arnau Comas, Arnau Tenas dan Ansu Fati.

Bahkan beberapa di antaranya sudah naik ke tim utama. Tentu saja nama Ansu Fati yang paling mencuat. Selain menjadi andalan Barcelona, pemain 19 tahun ini juga jadi juru gedor utama Timnas Spanyol.

Pengalaman membesut nama-nama di atas merupakan modal penting bagi Pau Marti Vicente untuk membangkitkan sepakbola Malaysia. Karena itu, Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia mesti mewaspadai gebrakan yang disiapkan Timnas Malaysia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini