Share

Mantan Pelatih MU Jadi Asisten Kim Pan-gon di Timnas Malaysia, Siapa Dia?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 04 Februari 2022 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 04 51 2542460 mantan-pelatih-mu-jadi-asisten-kim-pan-gon-di-timnas-malaysia-siapa-dia-2ReK313Xio.jpg Kim Pan-gon pelatih baru Timnas Malaysia, bakal dibantu mantan pelatih MU. (Foto: Yonhap)

MANTAN pelatih Melaka United (MU), Zainal Abidin Hassan, disebut-sebut sebagai calon kuat asisten dari pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon. Kabar itu disampaikan jurnalis Astro Arena, Fina Nasrom.

“Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) menyangkal kabar mereka mendekati Nidzam Jamil untuk posisi asisten pelatih Tim Nasional. Namun, nada FAM berbeda ketika ditanya apakah Zainal Abidin Hassan bakal masuk jajaran Kim Pan-gon,” tulis Fina Nasrom di akun Twitter-nya, @fnasrom.

Timnas Malaysia

Sekadar diketahui, Malaysia baru saja menunjuk juru taktik asal Korea Selatan, Kim Pan-gon, sebagai pelatih pada Jumat, 28 Januari 2022. Kim Pan-gon bukanlah pelatih sembarangan.

Ia sempat belasan tahun menangani klub dan Timnas Hong Kong. Kemudian pada 2017-2022, Kim Pan-gon menjabat posisi krusial di Federasi Sepakbola Korea Selatan (KFA).

Pelatih 52 tahun itu bertanggung jawab terhadap pemilihan dan pemecatan pelatih Timnas Korea Selatan senior dan U-23. Karena itu, ketika kontrak Shin Tae-yong bersama Korea Selatan kelar Piala Dunia 2018 tidak diperpanjang, Kim Pan-gon memiliki andil di belakangnya.

Mantan pelatih South China ini juga yang menyiapkan roadmap sepakbola Korea Selatan. Tebukti berkat tangan dinginnya, Korea Selatan baru saja memastikan lolos ke Piala Dunia 2022.

Saat ini, Kim Pan-gon tengah mencari dua asisten pelatih lokal. Hal itu dimaksudkan untuk membantunya beradaptasi dengan sepakbola Malaysia.

Kim Pan-gon

(Kim Pan-gon, pelatih anyar Timnas Malaysia)

Nama Zainal Abidin Hassan pun masuk bidkan. Selain memiliki pengalaman panjang sebagai pelatih, Zainal Abidin Hassan juga berstatus tanpa klub.

Klub terakhir yang ditanganinya adalah Melaka United. Klub yang satu ini viral dalam beberapa bulan terakhir karena diketahui telat menggaji para pemainnya selama 3 bulan.

Sekarang, menarik menanti kiprah Kim Pan-gon bersama Timnas Malaysia. Turnamen terdekat Kim Pan-gon adalah membawa Timnas Malaysia mengarungi babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 8-14 Juni 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini