Share

Pelatih Malaysia Kim Pan-gon Bakal Tiru Peran Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, PJBM Beri Dukungan

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 51 2538113 pelatih-malaysia-kim-pan-gon-bakal-tiru-peran-shin-tae-yong-di-timnas-indonesia-pjbm-beri-dukungan-UDGe0EfsAA.jpg Kim Pan-gon diusulkan untuk menjadi pelatih sekaligus manajer untuk Malaysia (Foto: FAM)

FEDERASI Sepakbola Malaysia (FAM) telah menunjuk Kim Pan-gon sebagai juru taktik baru Harimau Malaya. Selain berperan sebagai pelatih, Kim Pan-gon diusulkan untuk menjadi manajer Malaysia juga seperti apa yang diperankan Shin Tae-yong di Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

Usulan itu diberikan oleh Badan Investigasi Independen Harimau Malaya (BIIHM). Sekadar informasi, badan ini dibentuk untuk menginvestigasi kegagalan Malaysia di Piala AFF 2020 yang bahkan tidak mampu lolos dari fase grup.

Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Usulan itu pun mendapatkan tanggapan dari Persatuan Jurulatih Bolasepak Malaysia (BJPM). Ketua BJPM, B. Sathianathan, menilai usulan Kim Pan-gon menjadi pelatih sekaligus menajer merupakan ide yang bagus.

Dari kacamata Sathianathan, Kim Pan-gon dapat dengan mudah mengatur segala sesuatu tentang tim dengan dua jabatan tersebut. Hal ini diharapkan bisa berdampak positif untuk perkembangan Harimau Malaya.

"Saya setuju dengan usulan pelatih kepala untuk diangkat sebagai manajer tim," kata Sathianathan, dilansir dari Sinar Harian, Rabu (26/1/2022).

"Ini juga sangat baik bagi pelatih sendiri untuk membuat rencana timnya. Seolah-olah kita memberikan kewenangan penuh kepada pelatih untuk memutuskan pemilihan pemain, tempat latihan dan lain sebagainya," tuturnya.

โ€œKarena terkadang jika terlalu banyak orang yang disuruh, bisa membingungkan dan menghambat perencanaan tim itu sendiri," ucap Sathianathan.

Kim Pan-gon (Foto: Yonhap)

Sebagaimana diketahui, Kim Pan-gon menerima kontrak hingga 31 Desember 2023. Dalam kurun waktu itu, juru taktik asal Korea Selatan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kualitas Malaysia.

Apalagi, banyak agenda sepakbola yang bakal berlangsung pada tahun ini. Salah satunya adalah Piala AFF 2022 yang akan berlangsung pada akhir tahun ini. Setelah gagal total pada edisi sebelumnya, Kim Pan-gon diharapkan bisa membawa Malaysia berbicara banyak di ajang tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini