Share

Timnas Indonesia Hadapi Runner-up Piala Dunia hingga Uzbekistan di FIFA Matchday, 2 Pemain Keturunan Ambil Bagian?

Ketut Catur Kusumaningrat, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 51 2539273 timnas-indonesia-hadapi-runner-up-piala-dunia-hingga-uzbekistan-di-fifa-matchday-2-pemain-keturunan-ambil-bagian-ykEDDKST8K.jpg Timnas Indonesia bisa bertemu runner-up Piala Dunia 2018, Kroasia. (Foto: PSSI)

KETUA Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut timnya sudah bersurat ke tiga negara untuk dijadikan lawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday Maret 2022, atau bulan-bulan setelahnya. Sebanyak tiga negara yang dimaksud adalah runner-up Piala Dunia 2018 Kroasia, serta Tajikistan dan Uzbekistan.

Alasan PSSI memburu tiga nama di atas demi memperbaiki posisi Timnas Indonesia di ranking FIFA. Sekadar diketahui, ketiga tim di atas memiliki posisi di ranking FIFA yang teramat bagus.

Timnas Kroasia

(Timnas Kroasia bisa berhadapan dengan Timnas Indonesia di FIFA Matchday Maret 2022)

Kroasia kini menempat peringkat 15 dunia, disusul Uzbekistan (84) dan Tajikistan (116). Bagaimana dengan Timnas Indonesia?

Berdasarkan ranking FIFA edisi Desember 2021, Timnas Indonesia menempati peringkat 164 dunia. Namun, menurut hitung-hitungan laman Footy Ranking, efek kemenangaN 4-1 atas Timor Leste, Timnas Indonesia melesat ke posisi 161 dunia.

“Kemudian FIFA Matchday, kita sudah bersurat ke Kroasia, Tajikistan dan Uzbekistan. Ranking FIFA mereka sangat tinggi. Jika kami bisa mendapatkan hasil baik, tentunya bakal mendongkrak posisi kami,” kata Mochamad Iriawan dalam konferensi pers pascalaga Timnas Indonesia vs Timor Leste.

BACA JUGA: Pernah Dihajar Filipina 7-0, Pelatih Timor Leste Kaget Dibantai Timnas Indonesia Racikan Shin Tae-yong

PSSI pun sudah mengatur program selama mengarungi FIFA Matchday di sepanjang 2022. Federasi Sepakbola Indonesia berharap Timnas Indonesia dapat menyelesaikan tahun 2022 di posisi minimal 150.

“Setahun ini sudah kami atur, sudah ada programnya. Minimal kita menduduki peringkat 150 FIFA, jadi kita mencari lawan yang peringkatnya jauh di atas kita,” lanjut pria yang biasa disapa Iwan Bule ini.

Sandy Walsh dan Jordi Amat

(Sandy Walsh dan Jordi Amat bisa perkuat Timnas Indonesia di FIFA Matchday Maret 2022)

Sekarang yang jadi pertanyaan, apakah di FIFA Matchday Maret 2022 Timnas Indonesia dapat diperkuat pemain keturunan? Sekadar diketahui, pada Rabu 26 Januari 2022, PSSI telah mengirimkan dokumen ke Kemenpora untuk proses naturalisasi dua pemain keturunan, Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Jika berjalan lancar, dalam waktu dekat Sandy Walsh dan Jordi Amat dapat diambil sumpahnya untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Karena itu, peluang Sandy Walsh dan Jordi Amat turun di FIFA Matchday Maret 2022 terbuka lebar.

Lantas, bagaimana dengan dua nama lain, yakni Ragnar Oratmangoen dan Mees Hilgers? Baru awal Februari 2022, agen mereka mengirimkan dokumen yang dibutuhkan untuk proses naturalisasi ke PSSI.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini