Share

Adu Ganas Penyerang Naturalisasi vs Lokal di Laga Timnas Indonesia vs Timor Leste, Siapa Lebih Tajam?

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 51 2538552 adu-ganas-penyerang-naturalisasi-vs-lokal-di-laga-timnas-indonesia-vs-timor-leste-siapa-lebih-tajam-bGQ46bL5m1.jpg Timnas Indonesia saat menang 4-0 atas Timor Leste pada 2014. (Foto: Heru Haryono/Okezone.com)

ADU ganas penyerang naturalisasi vs lokal di laga Timnas Indonesia vs Timor Leste akan dibahas dalam artikel kali ini. Sepanjang sejarah, Timnas Indonesia dan Timor Leste sudah empat kali bertemu.

Sebanyak tiga laga dalam tajuk uji coba, sedangkan satu pertandingan lainnya di Piala AFF. Dari empat pertandingan itu, Timnas Indonesia selalu menang dengan total 14 gol.

Cristian Gonzales

(Cristian Gonzales akrab dengan gawang Timor Leste)

Dari 14 gol yang dicetak, delapan di antaranya dicetak pemain depan alias penyerang. Tak hanya penyerang lokal, penyerang naturalisasi juga pernah mengoyak jala gawang Timor Leste.

Jika diadu, siapa yang lebih tajam, penyerang naturalisasi atau lokal? Jawabannya ternyata setara, yang mana baik penyerang naturalisasi dan lokal sama-sama mengemas empat gol.

Kita bahas dulu dari penyerang naturalisasi yang terdiri dari Cristian Gonzales, Sergio van Dijk dan Beto Goncalves. Cristian Gonzales mencetak gol saat Timnas Indonesia menang 6-0 atas Timor Leste di laga uji coba yang digelar pada 24 November 2010. Hebatnya, di laga tersebut Cristian Gonzales mencetak dua gol, tepatnya pada menit 37 dan 48.

Dibilang hebat karena laga tersebut merupakan debut El Loco dalam balutan seragam Timnas Indonesia. Lanjut ada Sergio van Dijk.

Jelang tampil di Piala AFF 2014, Timnas Indonesia lagi-lagi bersua Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Hasilnya, Timnas Indonesia menang 4-0 atas sang lawan. Sergio van Dijk yang merupakan penyerang naturalisasi asal Belanda, membuka rekening gol Timnas Indonesia di laga tersebut pada menit 10.

Beto Goncalves

(Beto Goncalves mesin gol Timnas Indonesia pada 2018)

Terakhir ada Beto Goncalves. Penyerang naturalisasi asal Brasil ini mengemas satu gol saat Timnas Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste di matchday pertama Grup B Piala AFF 2018.

Bagaimana dengan penyerang lokal yang terdiri dari Yongki Aribowo, Bambang Pamungkas dan Samsul Arif? Nama Yongki Aribowo mencuat bersama Persik Kediri pada 2009. Dari situlah, pelatih Timnas Indonesia saat itu, Alfred Riedl, memanggil Yongki Aribowo sebagai persiapan tampil di Piala AFF 2020.

Ketika Timnas Indonesia melakoni uji coba kontra Timor Leste di Stadion Jakabaring pada 24 November 2010, Yongki yang masuk di babak kedua mencetak satu gol pada menit 85. Di laga tersebut, Timnas Indonesia menang 6-0 atas Timor Leste.

Selanjutnya ada Bambang Pamungkas. Ia masing-masing mencetak satu gol saat Timnas Indonesia menang 6-0 atas Timor Leste pada 2010, serta ketika skuad Garuda menang tipis 1-0 pada 2012.

Terakhir ada Samsul Arif. Seperti Van Dijk, Samsul Arif juga mencetak satu gol saat Timnas Indonesia menang 4-0 atas Timor Leste jelang turun di Piala AFF 2014. Penyerang yang kini berusia 37 tahun itu baru masuk di menit 62 menggantikan Evan Dimas.

Samsul Arif

(Samsul Arif (kiri), pernah jadi andalan Timnas Indonesia)

Baru beberapa menit beraksi di lapangan, Samsul Arif sudah mengoyak jala gawang Timor Leste. Sejak saat itu, pelatih Alfred Riedl memercayakan posisi ujung tombak Timnas Indonesia kepada Alessandro Del Piero-nya Indonesia itu.

Nanti malam, Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste. Berhubung tak ada penyerang naturalisasi yang diibawa Shin Tae-yong, ini merupakan panggung penyerang lokal unjuk gigi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini