Share

Timnas Indonesia Resmi Naik ke Pot 3 Drawing Kualifikasi Piala Asia 2023, Ini Syaratnya!

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 21:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 51 2538368 timnas-indonesia-resmi-naik-ke-pot-3-drawing-kualifikasi-piala-asia-2023-ini-syaratnya-Zr1t0gZ9CN.jpg Ini syarat bagi Timnas Indonesia untuk masuk pot 3 Kualifikasi Piala Asia 2023 (Foto: PSSI)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia bisa naik ke pot 3 drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, tetapi ada syaratnya. Syaratnya adalah peringkat FIFA Timnas Indonesia naik pada Februari ini.

Bagaimana cara untuk menaikkan peringkat FIFA Timnas Indonesia? Tentu saja dengan memenangkan dua pertandingan kontra Timor Leste dalam FIFA matchday.

Timnas Indonesia (Foto: AFF Suzuki Cup)

Sekadar informasi, Timnas Indonesia saat ini menempati posisi ke-164 dalam peringkat FIFA. Itu adalah peringkat Timnas Indonesia usai menjadi runner-up Piala AFF 2020.

Dengan peringkat FIFA saat ini, Timnas Indonesia untuk sementara ada di pot 4 bersama dengan tim-tim lemah lainnya, seperti bersama Nepal, Kamboja, Mongolia, Bangladesh, dan Sri Lanka. Jika tetap di pot 4, Timnas Indonesia bisa berhadapan dengan tim-tim kuat.

Namun, karena posisi tim dalam setiap pot ditentukan oleh peringkat FIFA, Timnas Indonesia pun punya peluang untuk naik ke pot 3. Caranya adalah dengan memenangkan dua FIFA matchday pada akhir Januari ini.

Sekadar informasi pengundian akan dilakukan pada 24 Februari mendatang. Alhasil, peringkat FIFA Februari yang akan dipakai sebagai acuan.

Oleh sebab itu, Timnas Indonesia mesti memenangkan dua laga uji coba kontra Timor Leste. Pertandingan pertama akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Kamis 27 Januari 2022 mendatang. Selang tiga hari, kedua tim kembali bentrok di tempat yang sama.

Peluang Timnas Indonesia untuk mengalahkan Timor Leste tentu amat besar. Apalagi, secara rekor pertemuan, Timnas Indonesia selalu menang dalam empat pertemuan dengan Timor Leste.

Namun, Timnas Indonesia tidak boleh lengah. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, pun meminta pasukannya untuk tidak memandang remeh lawan agar bisa tampil maksimal dalam pertandingan.

Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

“Tetapi, kami tidak akan lengah. Kami akan tetap menunjukan (penampilan) sebaik mungkin agar mendapat hasil yang kami inginnkan,” ungkap Shin Tae-yong, dalam konferensi pers, Rabu (26/1/2022).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini