Share

5 Hal yang Membuat Shin Tae-yong Sedih saat Jadi Pelatih Timnas Indonesia, Nomor 1 Viral di Media Sosial

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 51 2538020 5-hal-yang-membuat-shin-tae-yong-sedih-saat-jadi-pelatih-timnas-indonesia-nomor-1-viral-di-media-sosial-M5qYIUwaoX.jpg Berikut 5 hal yang membuat Shin Tae-yong sedih. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

SEBANYAK 5 hal yang membuat Shin Tae-yong sedih saat jadi pelatih Timnas Indonesia akan dibahas dalam artikel ini. Shin Tae-yong tak kuasa menahan sedih setelah menjalani serangkaian momen bersama skuad Garuda.

Namun, momen-momen ini dipercaya bakal membuat Shin Tae-yong bangkit dan mendongkrak prestasi Timnas Indonesia. Lantas, apa saja hal yang membuat Shin Tae-yong sedih?

Berikut 5 hal yang membuat Shin Tae-yong sedih saat jadi pelatih Timnas Indonesia:

5. Piala Dunia U-20 2021 Batal

Shin Tae-yong

Piala Dunia U-20 2021 yang sedianya diselenggarakan di Indonesia, batal diselenggarakan karena pandemi Covid-19. Hal itu sangat disayangkan Shin Tae-yong, mengingat ia sudah mempersiapkan Timnas Indonesia secara optimal.

BACA JUGA: Prediksi Line Up Timnas Indonesia vs Timor Leste, Menanti Aksi Pemain Keturunan

“Saya sebenarnya sangat menunggu Piala Dunia U-20 2021. Sebab, kekuatan fisik dan mental pemain telah meningkat,” kata Shin Tae-yong mengutip dari Yonhap.

Untungnya, status tuan rumah Indonesia tidak hilang. Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

4. Kalah di Final Piala AFF 2020

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong kesal bukan main setelah Timnas Indonesia kalah agregat 2-6 dari Thailand di final Piala AFF 2020. Ia menilai mumpung sudah di final, seharusnya Timnas Indonesia memenangkan pertandingan.

“Sedih melihat bagaimana mengatur pertandingan itu ketika kami kalah di final,” kata Shin Tae-yong mengutip dari Yonhap.

3. Pemain Tak Jaga Pola Makan

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong menjaga betul pola makan pemain-pemain Timnas Indonesia. Namun, Shin Tae-yong menyayangkan pola makan pemain Timnas Indonesia yang kembali buruk ketika sudah memperkuat klub masing-masing.

“Pemain Indonesia terlalu banyak makanan gorengan. Dan saya mencoba mengubahnya.,” kata Shin Tae-yong dalam Podcast Close The Door milik Deddy Corbuzier, dikutip pada Selasa (11/1/2022).

“Mestinya pemain yang sadar dengan dirinya sendiri sebagai pemain profesional. Saya sejauh ini sudah mencoba mengubah pola makanan pemain,” tambah mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

2. Pemain Indispliner

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong sedih ketika tahu ada pemain yang melalukan aksi indispliner. Selama Shin Tae-yong menangani Timnas Indonesia di seluruh kelompok umur, setidaknya ada tiga pemain yang dicoret karena indispliner.

Mereka ialah Serdy Ephy Fano, Nurhidayat Harris dan Yudha Febrian. Bahkan untuk Serdy Ephy Fano, pemain Borneo FC ini sampai dua kali dicoret Shin Tae-yong karena indispliner.

1. Disinggung Haruna Soemitro

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong disebut sedih dan tersinggung saat dikritik Exco PSSI, Haruna Soemitro. Dalam sebuah podcast, Haruna Soemitro mengeluarkan kalimat yang menyerang Shin Tae-yong.

Ia mengatakan Shin Tae-yong sama seperti pelatih lain yang gagal memberikan trofi Piala AFF bagi Timnas Indonesia. Satu lagi, Haruna Soemitro juga memprotes kata “proses” yang didengungkan Shin Tae-yong. Haruna Soemitro mengatakan sepakbola itu soal hasil, bukan proses. Pernyataan Haruna Soemitro pun viral di media sosial.

Ketika diwawancara media Korea Selatan soal insiden di atas, Shin Tae-yong mengaku tak dalam mood yang baik, tanda ia sedang bersedih. "Saya sedang tidak dalam mood yang baik, tapi saya tidak akan mengatakan sesuatu yang istimewa,” kata Shin Tae-yong mengutip dari media Korea Selatan, Isplus.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini