Share

Mantan Kiper Ajax Amsterdam Dikabarkan Tertarik Bela Timnas Indonesia, Ini Peluangnya

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 25 Januari 2022 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 51 2537613 mantan-kiper-ajax-amsterdam-dikabarkan-tertarik-bela-timnas-indonesia-ini-peluangnya-BZnuUZaTrV.jpg Benjamin van Leer dikabarkan tertarik bela Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@bvanleer1992)

MANTAN kiper Ajax Amsterdam, Benjamin van Leer, dikabarkan tertarik membela Timnas Indonesia. Hal itu diungkapkan salah satu Channel YouTube Gila Bola. Lantas, seberapa besar peluang Timnas Indonesia mendapatkan kiper 29 tahun ini?

Benjamin van Leer yang memiliki tinggi badan 187 sentimeter, saat ini berstatus penjaga gawang klub kasta tertinggi Liga Belanda, Sparta Rotterdam. Terlepas dari cedera yang dialami saat ini, Benjamin van Leer berstatus sebagai kiper cadangan dan baru dua kali turun di Liga Belanda 2021-2022.

Benjamin van Leer

(Benjamin van Leer dikabarkan tertarik bela Timnas Indonesia)

Sebelumnya bersama Ajax Amsterdam, Benjamin van Leer juga berstatus kiper cadangan. Namun, pengalaman berlatih bersama kiper-kiper top seperti Andre Onana di Ajax Amsterdam membuat jam terbang kiper berdarah Maluku ini sangatlah tinggi.

Berhubung memiliki darah Indonesia, peluang Benjamin van Leer dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sangat besar. Terlebih, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sudah memiliki tekad.

Ia hanya ingin menaturalisasi pemain yang memiliki darah Indonesia. Hal itu diungkapkan Shin Tae-yong saat hadir di podcast Deddy Corbuzier. Karena itu, Shin Tae-yong mengindikasikan enggan menggunakan pemain naturalisasi yang tak memiliki darah Indonesia.

BACA JUGA: Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Tiba-Tiba Dikaitkan dengan Sirkuit Mandalika Jelang MotoGP 2022

Terbukti di FIFA Matchday Januari 2022, Shin Tae-yong tak lagi memanggil Victor Igbonefo, pemain naturalisasi asal Nigeria. Padahal, Victor Igbonefo masih disertakan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020.

“Saya hanya menginginkan pemain dengan keturunan Indonesia (untuk dinaturalisasi kelak) dan bukan yang nggak darah Indonesia. Itu bukan pemain dari warga negara lain yang pindah jadi warga negara Indonesia,” kata Shin Tae-yong dalam Podcast Close The Door milik Deddy Corbuzier yang tayang di YouTube-nya, Selasa (11/1/2022).

Shin Tae-yong

Saat ini, Shin Tae-yong sedang menunggu PSSI menaturalisasi empat pemain keturunan. Mereka ialah Jordi Amat, Sandy Walsh, Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen.

Dokumen Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah lengkap dan akan diproses dalam waktu dekat. Sementara itu, dokumen Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen baru diberikan ke PSSI awal bulan depan.

Karena itu, menarik menanti langkah Shin Tae-yong dan PSSI ke depan. Melihat pernyataan Shin Tae-yong di atas, ia membuka kemungkinan untuk menaturalisasi pemain keturunan yang lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini