Share

Belajar Budaya Islam, Alasan Shin Tae-yong Pilih Mohamed Salah sebagai Pemain Terbaik FIFA 2021?

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 18 Januari 2022 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 51 2533801 belajar-budaya-islam-alasan-shin-tae-yong-pilih-mohamed-salah-sebagai-pemain-terbaik-fifa-2021-sYeCD5gawH.jpg Shin Tae-yong tunjuk Mohamed Salah sebagai pemain terbaik FIFA 2021. (Foto: Instagram/@jeongseokseo)

BELAJAR budaya Islam, alasan Shin Tae-yong pilih Mohamed Salah sebagai pemain terbaik FIFA? 2021 Sekadar informasi, pelatih tim nasional berstatus sebagai voters atau pemegang hak suara pemilihan pemain terbaik FIFA 2021.

Karena itu, Shin Tae-yong yang berstatus pelatih Timnas Indonesia berhak memilih tiga nama yang didukung sebagai pemain terbaik FIFA 2021. Alih-alih memilih Robert Lewandoski yang menggila dalam dua tahun terakhir, Shin Tae-yong justru menempatkan Mohamed Salah di posisi teratas.

Mohamed Salah

(Mohamed Salah dipilih Shin Tae-yong sebagai pemain terbaik FIFA 2021)

Kemudian di bawah Mohamed Salah baru ada Robert Lewandowski dan NGolo Kante. Hanya saja, pilihan Shin Tae-yong gagal menjadi yang terbaik.

Sebab, trofi pemain terbaik FIFA 2021 jatuh ke tangan Robert Lewandowski yang mengumpulkan 48 poin. Menyusul di posisi dua ada Lionel Messi (44) dan Mohamed Salah (39).

Melihat daftar pemain yang dipilih Shin Tae-yong, terdapat dua pemain Islam yakni Mohamed Salah dan NGolo Kante. Apakah ini ada kaitannya dengan pilihan Shin Tae-yong yang sempat belajar budaya Islam di awal-awal ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia?

Medio Februari 2020, Shin Tae-yong sempat diwawancara media asal Korea Selatan, Sportal Korea. Dalam wawancara tersebut, Shin Tae-yong mengaku belajar budaya Islam supaya program latihan yang dijalankannya tidak bentrok dengan waktu ibadah personel Timnas Indonesia.

BACA JUGA: Penerjemah Shin Tae-yong Diisukan Mundur dari Timnas Indonesia, Netizen Murka

“Sejak awal, saya mencoba memahami budaya Islam. Ada seorang dokter di Jakarta yang merupakan penganut agama Islam. Saya memintanya untuk bercerita soal agama Islam selama kurang lebih tiga jam,” kata Shin Tae-yong mengutip dari Sportalkorea.

“Saya belajar hal soal Islam dari sana, terutama bagian-bagian mana yang harus diperhatikan. Saya berjanji kepada pemain dan pelatih (lokal) untuk terus menghormati waktu beribadah mereka,” lanjut Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong

Sebelum diperkenalkan sebagai pelatih Timnas Indonesia pada 29 Desember 2019, Shin Tae-yong juga sempat mengunjungi Korean Cultural Center yang berada di Jakarta. Saat itu, juru taktik 51 tahun itu bertujuan belajar budaya Islam di sana.

“Pelatih Shin Tae-yong tiba di Indonesia pada 8 Desember 2019. Fokusnya untuk memahami budaya dan karakter islami pemain-pemain Indonesia,’ tulis media Korea Selatan, Yonhap.

“Sehari setelahnya, Shin Tae-yong mengunjungi Korean Cultural Center di Indonesia dan mendengar ceramah dari pakar budaya Islam. Pelatih Shin menunjukan minat aktif dengan mengajukan sejumlah pertanyaan,” lanjut Yonhap.

Sekarang, Shin Tae-yong sedang mencari pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23. Skuad Garuda Muda dipersiapkan turun untuk FIFA Matchday Januari 2022 dan Piala AFF U-23 2022 yang digelar di Kamboja pada 14-26 Februari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini