Share

Penyerang Berdarah Jawa Cetak Gol Perdana di Liga Thailand, Siapa Dia?

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 16 Januari 2022 07:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 16 51 2532843 penyerang-berdarah-jawa-cetak-gol-perdana-di-liga-thailand-siapa-dia-AvNSnaYtsB.jpg Aksi Ikhsan Fandi di laga Singapura vs Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/fasingapore)

BANGKOK – Penyerang berdarah Jawa, Ikhsan Fandi mengawali petualangan perdananya di sepakbola Thailand dengan sangat baik. Sebab pemain Tim Nasional (Timnas) Singapura itu telah mencetak gol pertamanya di laga perdana bersama klub Thailand, BG Pathum United FC (BGPU) di laga kontra Songkhia pada Rabu 12 Januari 2022 kemarin.

Seperti yang diketahui, sekali pun membela Timnas Singapura, Ikhsan Fandi adalah pemain yang mengalir darah Jawa di dalam tubuhnya. Ia memiliki keturunan Jawa dari sang kakek, yakni Ahmad Wartam yang merupakan kelahiran Pacitan, Jawa Timur.

Ayah Ikhsan Fandi pun merupakan mantan pesepakbola, yakni Fandi Ahmad. Jadi, tak heran jika Ikhsan Fandi memiliki bakat bermain sepakbola dan mungkin kemampuannya berada di atas rata-rata.

Baca Juga: Kalahkan Brunei dan Bangladesh, Peringkat FIFA Timnas Indonesia Bakal Melonjak dan Geser Singapura

Ikhsan Fandi bersama klub barunya, BGPU

Hal itu terbukti dengan kehebatan Ikhsan Fandi yang langsung mencetak brace atau dua gol di laga perdananya bersama BGPU. Bermain melawan Songkhia di babak pertama Piala Liga Thailand, Ikhsan Fandi dipercaya bermain sejak menit pertama.

Kesempatan itu tak dibuang-buang Ikhsan Fandi karena penyerang tersebut langsung membuka keunggulan BGPU di menit ke-11. Lalu gol keduanya baru tercipta pada menit 85 dan memastikan BGPU lolos ke babak selanjutnya dengan kemenangan 4-1 atas Songkhia.

Penampilan apik Ikhsan Fandi lantas membuat BGPU tampaknya tak salah memboyongnya dari klub asal Norwegia, FK Jerv pada 1 Januari 2022 kemarin. BGPU sepertinya sudah kepincut dengan permainan penyerang berusia 22 tahun tersebut setelah tampil menawan di Piala AFF 2020.

Menariktnya, ternyata saudara Ikhsan Fandi, yakni Irfan Fandi sudah terlebih dahulu pernah membela BGPU. Kala itu, Irfan Fandi ikut membantu The Rabbits –julukan BGPU– berjuang di divisi kedua sepakbola Thailand hingga akhirnya promosi ke divisi utama dan bahkan membantu klub tersebut memenangkan Liga Thailand dan Piala Liga Thailand musim 2020-2021.

Ikhsan Fandi saat membela Timnas Singapura

Saat ini Irfan Fandi masih berada di BGPU dan berposisi sebagai bek tengah. Keluarga Fandi sekali membuktikan bahwa darah mereka mengalir darah sepakbola yang berasal dari ayahnya, Fandi Ahmad.

Fandi Ahmad adalah anak dari Ahmad Wartam yang merupakan pria berdarah Jawa. Namun, Fandi Ahmad lahir dan besar di Singapura. Karena itulah Ikhsan Fandi dan kakaknya, Irfan Fandi memiliki kewarganegaraan Singapura dan memlih membela timnas negara negeri Singa tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini